BPSDM Jabar Gelar Pelatihan Dasar (latsar) Angkatan XXI sampai XXVIII

Penutupan latsar bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang 80 persen akan menjadi ASN ini berjalan meriah dari kegiatan sebelumnya

BPSDM Jabar Gelar Pelatihan Dasar (latsar) Angkatan XXI sampai XXVIII
Istimewa
Kepala BPSDM Jabar, Muhammad Solihin 

PELATIHAN Dasar (latsar) angkatan XXI sampai XXVIII yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya  Manusia Jawa Barat (BPSDM Jabar ) di kantor BPSDM Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, resmi ditutup, Rabu (4/12). Sebanyak 203 orang aparatur sipil negara (ASN) golongan III mengikuti latsar tersebut selama 51 hari.

Kepala BPSDM Jabar, Muhammad Solihin, mengatakan, penutupan latsar bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang 80 persen akan menjadi ASN ini berjalan meriah dari kegiatan sebelumnya.

"Sangat surprise ya, soalnya tadi yang menyanyi itu kan penyandang disabilitas mereka bisa bergembira, bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan," ujar Solihin seusai menutup kegiatan Latsar di Kantor BPSDM, Cimahi, kemarin.
Para ASN ini digembleng dalam pelatihan dasar yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pembelajaran di kelas selama 18 hari, agenda habituasi selama 30 hari di intansi masing-masing, dan evaluasi akhir selama tiga hari.

Solihin berpesan kepada calon ASN setelah  mulai bekerja mereka harus menjadi pelayan publik. "Terutama mereka itu harus punya integritas karena menjadi seorang aparatur sipil negara harus punya integritas, kejujuran, dan disiplin. Itu menjadi modal," ujarnya.
Solihin menambahkan, ASN harus punya rasa loyalitas terhadap negara bukan untuk pimpinan.

"Loyalitas, dedikasi dan semuanya ditunjukkan bukan untuk pimpinan, akan tetapi untuk negara, karena pemilik negara ini masyarakat dan membiayai mereka (ASN) untuk bekerja dilingkungan pemerintah itu adalah masyarakat sebagai pembayar pajak dan retribusi di negara ini," katanya.

Selama mengikuti latsar ini para ASN juga dibekali hal-hal yang terkait teknologi.
Khusus untuk ASN golongan II, latsar akan ditutup pada 11 Desember 2019.
Para peserta pelatihan dasar CPNS golongan II dan III ini berasal dari perangkat daerah pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Peserta tersebut berasal dari Dinas Pendidikan Jabar 184 peserta, Dinas Kesehatan (termasuk rumah sakit, labkes, dan RSUD) 54 peserta,

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang 8 peserta, Dinas Perumahan dan Permukiman 3 peserta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 2 peserta, Dinas Sumber Daya Air 2 peserta, Badan Pendapatan Daerah 2 peserta, Bappeda 2 peserta, Dinas Kependudukan Catatan Sipil 2 peserta, Dinas Komunikasi dan Informatika 2 peserta, BPKAD 1 peserta, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil 1 peserta, dan Dinas Lingkungan Hidup 1 peserta. (adv/syarif pulloh anwari)


Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved