VIDEO 9 Pemilik atau Pengelola Bangunan Mendapat Piagam Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2019

Sebanyak sembilan pemilik atau pengelola bangunan cagar budaya mendapat piagam penghargaan Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2019.

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak sembilan pemilik atau pengelola bangunan cagar budaya mendapat piagam penghargaan Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung 2019.

Penyerahan piagam tersebut diberikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Selasa (3/12/2019).

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Anggota DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari dan tamu undangan lainnya.

"Melalui acara ini diharapkan bisa menambah kepedulian masyarakat dalam menjaga citra Kota Bandung. Harapannya juga, proses perawatan dan pelestarian dilakukan secara tepat," kata Yana Mulyana (3/12/2019).

PERSIB Wajib Waspada Usai Kalah dari Persela, Maung Bandung Bisa Saja Terdegradasi di Akhir Musim

Sudah FT Malah Cuit Hasil Half Time vs Persela, Twitter Persib Dibully Bobotoh, Sebut Persib Butut

Dijelaskan Yana, bahwa berdasarkan data di Kota Bandung ini ada 1.770 bangunan cagar budaya yang tersebar di beberapa kawasan dan dibagi dalam tiga golongan yaitu golongan A, B, dan C.

Pemerintah Kota Bandung memberikan insentif bebas PBB ( Pajak Bumi Bangunan) terhadap bangunan cagar budaya sesuai dengan golongannya.

Bangunan golongan A mendapat insentif bebas PBB senilai 70 persen, golongan B senilai 60 persen, dan golongan C senilai 50 persen.

"Harapannya, khusus golongan A nantinya jika memungkinkan akan dibebaskan PBB nya (100%). Alasannya, hal tersebut sebagai wujud apresiasi Pemerintah bagi pemilik bangunan yang sudah merawat bangunan secara baik. Ke depan, Kota Bandung juga bisa punya wisata Kota Tua. Kepada pemilik bangunan dan masyarakat, diharapkan juga bersama menjaga serta memelihara cagar budaya dari kerusakan dan kemusnahan. Ini investasi untuk masa depan," katanya.

Mengenai pemberian apresiasi anugerah cagar budaya tersebut, diterangkan Kenny Dewi Kaniasari, sudah dimulai sejak tahun 2017.

Halaman
123
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved