M-Banking BCA Sempat Alami Gangguan, Begini Penjelasannya

M-Banking milik PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sempat tidak dapat diakses sejak Senin (2/12/2019) malam sekitar pukul 19.00 WIB hingga Selasa.

Editor: Yongky Yulius
KONTAN
Mobile banking m-BCA 

TRIBUNJABAR.ID - Layanan aplikasi mobile banking atau M-Banking milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sempat tidak dapat diakses sejak Senin (2/12/2019) malam sekitar pukul 19.00 WIB hingga Selasa (3/12/2019) siang.

Gangguan tersebut membuat semua nasabah BCA mengeluh. Namun, pihak BCA telah mengonfirmasi bahwa aplikasi M-Banking pada Selasa sore sudah bisa diakses secara normal.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja menjelaskan, gangguan itu disebabkan adanya pembaruan sistem data.

 "Kita memang melakukan upgrading dari salah satu data center kita. Memang ada sedikit gangguan, sempat kita pindahkan ke data center," ujarnya saat ditemui di Menara BCA, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Flazz Bisa Diisi Ulang lewat Aplikasi

Pembaruan sistem data yang dilakukan BCA disebutkan dalam rangka peluncuran kartu Flazz yang baru. Rencananya, kartu Flazz akan bisa diisi ulang atau di-top up pada akhir tahun 2019 ini.

"Ini bocoran kecil aja, kita sedang mempersiapkan Flazz card bisa top up melalui aplikasi tanpa harus ke ATM. Dalam rangka persiapan itu, kita juga mudah-mudahan akhir tahun ini bisa kita launch bahwa Flazz card baru itu bisa top up melalui aplikasi. Jadi, Anda enggak usah ke ATM," bebernya.

BCA Berikan Pelatihan Kepemimpinan bagi Staf Layanan Terpadu Universitas Kristen Maranatha

Pembaruan sistem data itu, menurut dia, harus dilakukan. Dan kerap kali melakukan pembaruan, memang ada konsekuensi yang BCA dapatkan.

"Kemudian, memang setiap upgrade ada risiko. Tapi, kalau kita tidak lakukan upgrading, kita akan jalan di tempat. Jadi, harus berani ambil risiko," katanya.

Namun, dia memastikan bahwa pembaruan data tersebut sudah tuntas dan para nasabah bisa menggunakan kembali layanan aplikasi M-Banking.

"Tapi saya rasa gangguan dari jam 7 malam sampai 01.20 sudah selesai. Meskipun dampaknya ada sedikit-sedikit, tidak semua berdampak. Saya rasa sudah normal sekarang," ucapnya.

Ini Cara Isi Ulang Saldo Uang Elektronik Pakai Smartphone, dari Brizzi, Flazz BCA dan Lainnya

Seiring majunya teknologi serba online, kini bertransaksi semakin mudah dengan menggunakan uang elektronik.

Kartu uang elektronik sudah banyak digunakan untuk berbagai kegiatan transaksi, perbelanjaan hingga transportasi publik.

Sebut saja, komuter, MRT, bus, pembayaran elektronik jalan tol (e-toll) dan lain-lain.

Satu hal kelemahan kartu uang elektronik ini adalah dibutuhkannya perangkat lain untuk mengetahui informasi saldo.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved