Linmas di Jabar Dilatih ala Militer, Digerakan Tangkal Aksi Radikalisme dan Terorisme

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Haryadi Wargadibrata, mengatakan bahwa jajaran Linmas akan diedukasi mengenai aksi radikalisme dan bagaimana men

Linmas di Jabar Dilatih ala Militer, Digerakan Tangkal Aksi Radikalisme dan Terorisme
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Linmas saat dilatih anggota TNI di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi, Lembang, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Satuan Polisi Pamong Paraja atau Satpol PP Provinsi Jawa Barat menggerakan sejumlah Pelindung Masyarakat atau Linmas untuk menangkal dan mencegah aksi radikalisme dan terorisme yang saat ini masih meresahkan masyarakat Jawa Barat.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Haryadi Wargadibrata, mengatakan bahwa jajaran Linmas akan diedukasi mengenai aksi radikalisme dan bagaimana mencegahnya.

"Mereka ini merupakan warga yang juga harus menjaga keutuhan NKRI dan falsafah hidupnya yang harus ditumbuhkan di masyarakat," ujarnya saat ditemui usai Jambore Linmas di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi, Lembang, Selasa (3/12/2019).

Ledakan di Monas, Benarkah Penyebabnya Granat Asap? Pengamat Intelijen: Logikanya Itu Granat Nanas

Menurutnya, Linmas ini bisa menangkal aksi radikalisme dan terorisme karena mereka merupakan orang yang paling dekat dengan masyarakat dan bisa mengayomi mulai dari tingkat RT hingga tingkat kecamatan.

"Alhamdulillah dalam hal ini kami akan antisipasi semua aksi radikalisme dan terorisme. Kami akan berikan mereka pemahaman dan nantinya disosialisasikan ke masyarakat," kata Haryadi.

Direktur Satpol PP dan Linmas dari Kementerian Dalam Negeri, Arif M Edi, mengatakan bahwa dalam Jambore, anggota Linmas digembleng pelatihan ala anggota TNI untuk menangkal radikalisme dan terorisme.

"Karena Linmas ini unjung tombak di masyarakat dan kami harapkan semua provinsi bisa mengadakan Jambore Linmas untuk deteksi dini keamanan negara ini," ucapnya.

Ia mengatakan, pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk melatih Linmas.

Tujuannya agar mereka bisa peka terhadap lingkungan terutama saat ada aksi radikalisme dan terorisme.

Untuk menagkal aksi tersebut, kata dia, Linmas harus mengetahui kehidupan orang baru yang ada di sekitar tempat tinggalnya karena hal tersebut merupkan tugas pokok Linmas.

"Misalnya, Linamas harus tahu siapa orang baru yang ngontrak di sekitar tempat tinggalnya dan kalau ada keributan juga mereka yang bisa menyelesaikannya," kata Arif.

Betapa Bahagia Citra Kirana Dinikahi Rezky Aditya Pakai Adat Sunda, Cerita Momen Tersedihnya

Apa Itu Granat Asap yang Tadi Pagi Meledak di Monas dan Mengapa Bisa Meledak?

Youtuber dan Artis Pamer Saldo ATM, Menkeu Sri Mulyani: Orang Kaya Benaran, Bayar Pajak Benaran

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved