Anggota Linmas Digembleng oleh TNI di Lembang, Disiapkan Jaga Pilkada Serentak 2020

Sejumlah anggota linmas dari setiap kota/kabupaten di Jawa Barat digembleng pelatihan oleh anggota TNI

Anggota Linmas Digembleng oleh TNI di Lembang, Disiapkan Jaga Pilkada Serentak 2020
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Linmas saat dilatih anggota TNI di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi, Lembang, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Sejumlah anggota linmas dari setiap kota/kabupaten di Jawa Barat digembleng pelatihan oleh anggota TNI agar mereka siap mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Mereka dilatih di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi, mulai dari pelatihan pengetahuan terkait undang-undang hingga pelatihan fisik agar mereka kuat karena linmas ini tergabung dalam usia muda dan ada juga yang lanjut usia.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat, Haryadi Wargadibrata mengatakan, linmas tersebut memang harus dilatih karena mereka kalangan masyarakat yang sukarela menjaga ketentraman dan melindungi masyarakat.

"Oleh karena itu kami Satpol PP selaku pembina Linmas mencoba membina dan terus meningkatkan kapasitasnya karena peran mereka sangat penting," ujarnya saat ditemui usai Jambore Linmas di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, Selasa (3/12/2019).

30 Verifikator BKD Garut Kerja Hingga Tengah Malam, Verifikasi Administrasi 21.703 Pelamar CPNS

Atas hal tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dodiklat dan anggota kepolisian untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan para Linmas tersebut.

"Terkait hal ini kami juga koordinasikan dengan Kasatpol PP di setiap kota/kabupaten dan secara nasional melalui Kemendagri karena keberadaan Linmas ini sangat eksis dan sangat diperlukan," kata Haryadi.

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi, mengatakan, pihaknya akan melatih para Linmas tersebut untuk meningkatkan karakter dan tingkat disiplin, namun tidak akan dilatih secara militer.

Kisah Tragis Casuni, Ibu Muda Meninggal Kurus Kering, Sakit dan Tersiksa Ditinggal Orang Tercinta

"Sehingga mereka dalam hal bela negara ini tahu tidak harus militerisme karena dengan hal seperti ini mereka juga pasti memiliki karakter," ucapnya.

Intinya, kata dia, pelatihan yang diberikan kepada para Linmas dari delapan kota/kabupaten di Jawa Barat oleh anggota TNI ini untuk meningkatkan pemahaman kebangsaan para Linmas.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved