Rumah di Sindangkerta Bandung Barat Jebol Diterjang Longsor, Hujan Deras Turun Selama 4 Jam

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, rumah yang terdampak longsoran tersebut mengalami kerusakan

Rumah di Sindangkerta Bandung Barat Jebol Diterjang Longsor, Hujan Deras Turun Selama 4 Jam
Istimewa/BPBD KBB
Petugas BPBD KBB saat cek lokasi longsor. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SINDANGKERTA - Rumah milik Juhana (44) jebol setelah diterjang longsor akibat jebolnya tembok penahan tanah di Kampung Babakan Jati, RT 4/6, Desa Cicangkanggirang, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Minggu (1/12/2019) malam.

Jebolnya tembok penahan tanah setinggi 5 meter dan panjang 15 meter itu setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) KBB, Duddy Prabowo, mengatakan, rumah yang terdampak longsoran tersebut mengalami kerusakan pada bagian tembok belakang dan bagian atap rumah.

Galian Pasir di Cianjur Longsor, Seorang Operator Mesin Tertimbun, Hingga Malam Ini Belum Ditemukan

Daerah Rawan Bencana di Majalengka Saat Musim Hujan, di Selatan Rawan Longsor, di Utara Banjir

"Rumah itu dihuni 5 jiwa dan mereka terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabatnya," ujar Duddy saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (2/12/2019).

Selain menyebabkan rumah rusak, longsor tersebut juga memgancam bangunan posyandu yang lokasinya tak jauh dari rumah milik Juhana, sehingga harus mendapat perhatian dari BPBD KBB.

Beruntung kata Duddy, kejadian longsor ini tidak menyebabkan adanya korban jiwa, karena saat kejadian penghuni rumah yang dindingnya jebol bisa menyelamatkan diri.

"Tidak terdapat korban jiwa, langkah yang telah kami dilakukan mengevakuasi korban kerumah kerabatnya," ucapnya.

Selain itu, petugas BPBD KBB bersama warga melakukan pembersihan puing-puing longsoran dan berkoordinasi dengan PLN Sindangkerta.

"Karena terdapat tiang listrik yang dikhawatirkan terbawa longsoran. Kami juga mengirim logistik untuk korban longsor itu," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved