Anggota DPRD Jabar Ini Minta Pemprov Jabar dan Pemda Kabupaten/Kota Siap Hadapi Terjadinya Bencana

Memasuki musim penghujan, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Barat

Anggota DPRD Jabar Ini Minta Pemprov Jabar dan Pemda Kabupaten/Kota Siap Hadapi Terjadinya Bencana
istimewa
Anggota DPRD Jabar Asep Syamsudin

TRIBUNJABAR.ID - Memasuki musim penghujan, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di Jawa Barat harus mempersiapkan diri terhadap ancaman bencana alam, terutama banjir, longsor, dan angin puting beliung. 

“Waspada dan harus selalu siap siaga. Hadapi sesuai SOP yang telah ditentukan,” kata anggota Komisi IV DPRD Jabar, Asep Syamsudin, Minggu (1/12/2019).

Menurut Asep, Pemprov Jabar dan seluruh Pemda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat sudah memiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang leading sektornya di bidang kebencanaan.

Lembaga itu, lanjut Asep, harus mampu melakukan koordinasi lintas sektoral dengan lembaga lain terkait kebencanaan, baik dari sisi mitigasi maupun penanggulangan jika bencana terjadi.

BREAKING NEWS, Kecelakaan Maut di Tol Cipali 6 Orang Meninggal, Korban asal Jakarta dan Jateng

“Demikian juga elemen lainnya seperti instansi pemerintrah lainnya, pengusaha, relawan, dan seluruh masyarakat, mari bahu-membahu sejak dini apabila terjadi bencana,” kata anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Asep mengatakan, terkait anggaran pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota bisa dipastikan sudah melakukan persiapan.

"Kami juga meyakini setiap APBD baik provinsi maupun kabupaten/kota sudah menganggarkan untuk menghadapi bencana,” katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat, total kejadian bencana alam selama Agustus 2019 sebanyak 117 kali.

Dari jumlah tersebut, 55 di antaranya kebakaran hutan, 38 kali kebakaran rumah, 12 kali puting beliung, dan sisanya tanah longsor sebanyak 10 kali. Sedangkan gempa bumi terjadi dua kali.

Terungkap, Penyakit Mematikan Ini Diderita Jehuda, Mahasiswa ITB Meninggal Setelah Kebut Skripsian

Akibanya, sebanyak 266 jiwa terdampak dari berbagai kejadian bencana tersebut.

“Kemudian kita evaluasi dan petik pelajaran, kenapa kita selalu terkena bencana? Terakhir jangan bosan berdoa agar Allah SWT menyelamatkan kita dari bencana,” kata Asep.

Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved