Diberi Penghargaan Sebagai Gubernur Desa, Ridwan Kamil Sebut 2020 Akeselerasi Semua Program Desa

Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa setelah didorong anggaran, 2020 akan menjadi awal langkah akselerasi pelaksanaan program-program pe

Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri Musda IV DPD Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, di Kota Bandung, Jumat (29/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan bahwa setelah didorong anggaran, 2020 akan menjadi awal langkah akselerasi pelaksanaan program-program pengembangan desa di Jawa Barat.

Di antaranya dititikberatkan pada perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa.

"Saya harapkan di tahun 2020 akselerasi ini bisa menghasilkan desa di Jabar juara lahir batin," ujar gubernur yang akrab disapa Emil ini seusai menghadiri Musda IV DPD Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jawa Barat, di Kota Bandung, Jumat (29/11/2019).

Jambret Penumpang Ojol dan Melawan Saat akan Ditangkap, Pria di Cirebon Ditembak Polisi

Program yang telah diluncurkan untuk desa, katanya, mulai Satu Desa Satu Perusahaan, Patriot Desa, program Desa Digital, dan Pusat Digital Desa di balai desa.

Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya melakukan pendekatan teknologi untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di desa, semisal program memberi pakan ternak lele dan ikan dengan kendali ponsel, mencari ikan di laut dengan fish finder, serta sistem infus untuk pertanian di lahan kering.

Sejumlah fasilitas, katanya, telah sediakan, di antaranya program Mobil Maskara yakni mobil serbaguna yang bisa digunakan warga desa, jembatan desa, wifi masuk desa, dan program lainnya.

"Kalau kemarau, kami mempersiapkan pertanian infus, kemudian akan meningkatkan produktifitas pertanian dan lain-lain. Ini membuktikan, yang sebelumnya belum ada sekarang sudah ada," katanya.

Pada kesempatan ini, Ridwan Kamil mendapat penghargaan dari DPD Apdesi Jabar sebagai Gubernur Desa. Ridwan Kamil pun mengucapkan terima kasih atas apresiasi tersebut.

Ridwan Kamil tak menampik, sebagai Gubenur Jabar, dia memiliki keinginan yang kuat untuk membenahi desa agar terus maju dan mandiri.

"Bagi saya penghargaan itu menunjukan bahwa para kepala desa semangat. Bahwa program di desa ini tidak berbasa-basi, semuanya bermuara pada akselerasi ekonomi," katanya.

Ketua Apdesi Jabar, Enjoy Rizki, mengatakan bahwa pemberian penghargaan ini dilakukan karena Ridwan Kamil dinilai serius membenahi kemajuan desa. Hal tersebut tampak dari sejumlah programnya sebagai Gubernur Jabar.

"Pola pikir dia 60 persen untuk desa dan saya belum dengar gubernur sebelumnya," ujar Rizki usai acara.

Selama 15 tahun menjabat sebagai kepala desa, dia mengaku, baru merasakan dipimpin oleh gubernur yang memang sangat peduli dalam melakukan pembangunan di desa. Hal tersebut bukan hanya pembangunan yang bersifat fisik.

"Tapi juga membangun tempat ibadah juga banyak sekali, ada desa wisata ada desa digital, ada edukasi, mobil maskara, membuat jalan juga di perbatasan. Ini baru satu tahun menjabat," katanya.

Bupati Cirebon Janji Fasilitasi Pertemuan Developer Perumahan dengan BPN

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved