Taufik Hidayat Cium Tangan Guru

PERAN guru sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Meletakkan pentingnya pendidikan dalam konstelasi pembangunan bangsa berarti menghargai

Taufik Hidayat  Cium Tangan Guru
Istimewa
Pelaksana Tugas Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI, di Alun-alun Indramayu, Senin (25/11). 

TRIBUNJABAR.ID - PERAN guru sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Meletakkan pentingnya pendidikan dalam konstelasi pembangunan bangsa berarti menghargai keutamaan guru. Guru lah sebagai episentrum perubahan tersebut. Untuk itu, sudah seharusnya perhatian terhadap guru sangat penting mulai dari pemenuhan kebutuhan guru, profesionalisme, kesejahteraan, pelatihan, hingga perlindungannya.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI, di Alun-alun Indramayu, Senin (25/11).

Menurut Taufik, kemajuan teknologi, komunikasi, dan informasi sangat cepat dan tidak dapat diduga. Kemajuan ini membawa dampak positif dan negatif secara beriringan dalam kehidupan masyarakat tidak terkecuali dalam proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu dibutuhkan komitmen terhadap pentingnya literasi utamanya literasi digital bagi guru, siswa, dan orang tua.

"Mari kita bangun kesadaran bersama bahwa ruang kelas bukan lagi satu-satunya ruang untuk belajar, dan guru bukan lagi satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan," kata Taufik.

Taufik mengatakan, pergeseran peran guru di era digital sebagai fasilitator pembelajaran yang menarik, menantang rasa ingin tahu siswa sehingga siswa terdorong untuk menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat. Inilah yang harus terus menerus ditanamkan dan menjadi kesadaran bagi guru dalam menjalan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar.

"Betapapun majunya teknologi dengan segala turunannya, sejatinya guru tidak pernah dapat digantikan oleh teknologi. Hal ini mengandung makna bahwa guru profesional dan berintegritas akan terus menjadi isu global dan menjadi perhatian dunia tak terkecuali Indonesia,"katanya.

Ada yang sangat berkesan dalam momentum upacara yang dipusatkan di Alun-alun Indramayu itu. Setelah upacara Taufik Hidayat, refleks turun dari mimbar untuk mencium salah seorang guru yang sudah sepuh. Ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap guru yang menjadi pendidik bangsa.

Kepada peserta apel lainnya Plt Bupati Indramayu juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para guru-guru di Kabupaten Indramayu yang telah berjuang memajukan pendidikan di Indramayu.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Taufik sangat luar biasa, beliau turun dari panggung dan langsung memberikan ucapan selamat kepada para guru yang hadir. Ini keren dan beliau sangat perhatian," kata salah seorang guru dari barisan belakang peserta apel. (adv)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved