Syaiful Huda Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Ingatkan Kesadaran sebagai Bangsa

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ponpes Al- Hidayah, Lazma

istimewa
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda 

TRIBUNJABAR.ID - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ponpes Al- Hidayah, Lazma, Bekasi, Jumat (29/11/2019).

Menurut Syaiful Huda kegiatan sosialisasi empat pilar itu yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan upaya untuk menyegarkan kembali ingatan dan kesadaran sebagai bangsa.

"Ingatan dan kesadaran berbangsa ini penting dipelihara demi keberlangsungan negara ini, utamanya dari ancaman terbesar kita yakni perpecahan," kata Syaidul Huda di Ponpes Al-Hidayah, Lazma, Bekasi, Jumat (29/11/2019)

Menurut Huda, kesadaran sebagai sebuah bangsa yang terdiri atas berbagai suku, budaya, dan agama dengan cita-cita bernegara yang telah digariskan bersama itu mulai hilang, maka perpecahan bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Tak Hanya Wasit, Umuh Muchtar Persoalkan Masalah Ini Terkait Laga Bali United Vs Persib Bandung

Dua negara besar di Eropa, yakni Uni Soviet dan Yugoslavia, adalah contoh nyata pecahnya suatu negara menjadi beberapa negara.

"Dulu tidak ada yang menduga Uni Soviet dan Yugoslavia bakal bubar," kata Huda.

Kini perpecahan juga melanda sejumlah negara di Timur Tengah. Suriah dilanda perang saudara yang tak berkesudahan.

Huda mengatakan, ketika kesatuan sebagai sebuah bangsa runtuh maka bukan tidak mungkin Indonesia kembali dijajah oleh bangsa lain.

"Mungkin di beberapa daerah belum terasa, tetapi di kota-kota besar kehidupan individualistik sudah sedemikian rupa," katanya.

Di sisi lain, kata dia, pihak asing terus berusaha menanamkan pengaruhnya, paham-paham yang tak sesuai dengan ideologi negara juga berusaha memengaruhi masyarakat, penghargaan atas kebinnekaan berkurang, dan berbagai ancaman lainnya.

Penampilan Sederhana Istri Mas Menteri Nadiem Makarim, Setia Dampingi Suami, Akrab dengan Anak-anak

Untuk itulah, kata Huda, MPR turun ke masyarakat mengingatkan kembali prinsip-prinsip bernegara, membangun kembali semangat persaudaraan dan persatuan.

"Itu inti kami turun dalam bentuk sosialisasi empat pila. Upaya mengingat kembali akan nila-nilai kebangsan karena Kiai Wahab Hasbullah pendiri NU berkata Hubul Wahton Minal Iman atau cinta tanah air sebagain dari pada iman," kata Huda.

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved