Mendagri Tito Karnavian Sebut Ada Masalah di AD/ART FPI, Menag Fachrul Razi Beda Pendapat Bilang Ini

Mengenai perpanjangan izin organisasi Front Pembela Islam atau FPI, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memilik ipendap

ANTARA FOTO/Reno Esnir/ama via Kompas.com
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi (tengah) didampingi jajarannya, mengikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VIII DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Raker tersebut membahas pendahuluan dan pembentukan panitia kerja (Panja) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) 1441 H/Tahun 2020. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Mengenai perpanjangan izin organisasi Front Pembela Islam atau FPI, Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memilik ipendapat yang berbeda.

Menteri Agama Fachrul Razi ingin memberikan kesempatan kepada FPI dengan menerbitkan surat rekomendasi izin perpanjangan organisasi.

Menurut Fachrul, surat rekomendasi izin perpanjangan diterbitkan untuk FPI karena ada kesepakatan antara pihak Kemenag dan FPI yaitu komitmen setia pada NKRI dan Pancasila.

"Kalau ini kita (Kemenag) ragukan, apa yang kamu (FPI) bisa komitmen terhadap kami? Kami buat pernyataan bahwa kami setia pada NKRI dan Pancasila, kemudian tidak melanggar hukum," kata Fachrul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Fachrul membenarkan pernyataan Tito Karnavian terkait AD/ART dan visi misi FPI yang mencantumkan NKRI bersyariah.

Namun, menurut Fachrul, hal itu sudah diselesaikan lewat kesepakatan.

TERUNGKAP, Pejabat Tinggi Indonesia dan Arab Negosiasi Habib Rizieq, Mahfud MD Pulangkan Imam FPI?

Fachrul pun mengajak Tito Karnavian untuk bertemu FPI dan membuat kesepakatan yang sama seperti yang dilakukannya.

"Ya kita deal saja dengan dia (FPI), bisa enggak Anda mengubah ini jadi begini, gitu. Jadi enteng-enteng ajalah kita menata hidup," ucap dia. 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tito Karnavian Karnaval mengatakan, proses perpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI) relatif memakan waktu lebih lama, karena ada beberapa masalah pada AD/ART ormas tersebut.

Hal ini disampaikan Tito Karnavian, menjawab pernyataan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP Junimart Girsang agar cermat dan berhati-hati dalam menerbitkan SKT FPI.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved