LPMP Gelar Forum dan Ekspos Program Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat 2019

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP) Jabar menggelar Forum dan Ekspos Program Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 di èl Hotel Royale Bandung

LPMP Gelar Forum dan Ekspos Program Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat 2019
Tribun Jabar/Cipta Permana
(Kiri ke kanan) Kepala Seksi PMS LPMP Jabar, M. Dudi Solahuddin, Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP Jabar, Yanti Triana, Kepala LPMP Jabar, Gusmayadi Muharmansyah, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, dan Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan LPMP Jabar, Neni Niawati berfoto bersama dalam kegiatan FEPPMP Jawa Barat 2019 di el Royale Hotel Bandung, Kamis (28/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP) Jawa Barat menggelar Forum dan Ekspos Program Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 di El Hotel Royale Bandung, Kota Bandung, 27-29 November 2019.

Mengusung tema “Melalui SPMI, Membudayakan Mutu dan Mencerdaskan Anak Bangsa” kegiatan tersebut diikuti oleh 615 peserta dari berbagai unsur yang meliputi, para Kepala Dinas Pendidikan tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Selain itu, Bappeda BAN, Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) dari 27 Kabupaten/Kota, serta para Kepala Sekolah Binaan LPMP dan perwakilan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK di Jawa Barat.

Kepala LPMP Jabar Gusmayadi Muharmansyah mengatakan, Forum dan Ekspos Program Penjaminan Mutu Pendidikan (FEPPMP) ini, merupakan sarana publikasi dan koordinasi pendidikan antara LPMP Jabar dan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan sinergisitas dan kepedulian terhadap akselerasi peningkatan mutu pendidikan. Khususnya mutu pendidikan di Provinsi Jawa Barat.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan dari LPMP. Dimana dalam kesempatan ini kami mengekespos berbagai program dan hasil pencapaian yang telah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP). Hal itu dimaksudkan, agar semua pihak unsur terkait, dapat memiliki kesamaan visi dan pandangan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan," ujarnya di Hotel èl Hotel Royale Bandung, Jalan Merdeka Nomor 2, Kota Bandung. Kamis (28/11/2019).

Gusmawan menjelaskan, dalam ekspos program penjaminan mutu pendidikan di wilayah Jawa Barat, pihaknya telah berhasil melakukan pembinaan satuan penjaminan mutu internal (SPMI) yang sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap 440 dari total 568 sekolah model atau binaan LPMP selama tiga tahun sejak tahun 2016 lalu, dengan menitikberatkan pada acuan delapan standar nasional pendidikan.

"Sejak tahun 2016 hingga saat ini, kami telah melakukan pembinaan SPMI terhadap 568 sekolah model atau binaan dengan lebih dari 2200 sekolah imbasnya yang ada di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat," ucapnya.

Dalam kesempatan FEPPMP 2019 ini, lanjutnya menjadi momen kelulusan atau pelepasan bagi 440 sekolah model yang telah dilakukan pembinaan SPMI selama tiga tahun terkahir, untuk menjadi sekolah mandiri. Meski demikian sekolah-sekolah binaan tersebut, tetap akan dilakukan pendampingan tetap di tahun-tahun berikutnya. Termasuk 128 sekolah binaan lainnya.

Ia menambahkan, selama tiga tahun melakukan pendampingan, yang menjadi evaluasi pelaksanaan kedepan yaitu, perbedaan sumber daya dukung sekolah dan wilayah antara satu dan lainnya, sehingga proses pembinanan yang dilakukan memiliki hasil yang berbeda-beda di tiap kabupaten/kota.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved