Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Panjalu Ciamis, 32 Rumah Rusak

Angin kencang yang menyertai hujan lebat Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 17.35 merusak setidaknya 32 rumah

Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Panjalu Ciamis, 32 Rumah Rusak
MANADO.TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Angin 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Angin kencang yang menyertai hujan lebat Selasa (26/11/2019) sekitar pukul 17.35 merusak setidaknya 32 rumah di Desa Bahara dan 5 rumah di Desa Hujungtiwu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Angin kencang juga merusak atap canopy Koramil Panjalu yang berada di Desa Hujungtiwu atau Jalan Raya Panjalu-Sukamantri.

“Tidak ada korban jiwa dan tidak ada keluarga yang mengungsi menyusul kejadian angin kencang kemarin sore,” ujar Camat Panjalu, Dede Suparman kepada Tribun, Rabu (27/11/2019).

Angin kencang yang menerjang dua desa di Panjalu itu, kata Dede, diawali hujan yang turun mengguyur sekitar jam 17.15.

“Hujan sempat terhenti, tetapi sekitar setengah jam kemudian hujan turun kembali  dan lebih lebat. Malah disertai angin kencang. Angin kencang tidak lama, hanya sekitar lima menit. Setelah angin reda tapi hujan terus turun mengguyur,” katanya.

Rekam Jejak Arman Depari Jenderal Gondrong Pemberantas Narkoba dari BNN yang Terancam Dibubarkan DPR

Dari terjangan angin kencang tersebut kata Dede, setidaknya ada 29 rumah di Dusun Karanganyar dan tiga rumah di Dusun Cililitan, Desa Bahara, Panjalu, rusak. 

Sementara di Desa Hujungtiwu ada lima rumah yang rusak termasuk atap kanopi Koramil Panjalu.

“Tidak ada rumah yang rusak diterjang pohon roboh. Dari 32 rumah yang rusak di Desa Bahara dan lima rumah di Desa Hujungtiwu hanya mengalami kerusakan bagian atap, ya rusak ringan sampai rusak sedang. Tidak ada yang rusak berat,” ujar Camat Dede.

Warga bersama petugas TNI/Polri, aparat desa serta satgas Pusdalop BPBD dan Tagana Ciamis serta relawan lainnya, Rabu (27/11) pagi langsung bergotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak akibat terjangan angin kencang.

“Sekarang hampir semua rumah yang rusak akibat angin kemarin sudah diperbaiki kembali terutama  bagian atapnya secara bergotong royong,” katanya.

Politikus PDIP Ancam Bubarkan BNN, Jenderal Gondrong Ini Meradang: Sekalian Saja Anggotanya Dibakar

Kepala Pelaksana  BPBD Ciamis Drs HM Soekiman menyebutkan setelah dilakukan asessment  oleh petugas Pusdalop BPBD Ciamis diketahui jumlah rumah yang rusak akibat terjangan angin kencang Selasa (26/11) petang tersebut sebanyak 35 rumah yakni 31 rumah di Desa Bahara dan empat rumah di Desa Hujungtiwu.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso dan rombongan pada Rabu (27/11/2019) sore,  berkesempatan menyerahkan bantuan bagi korban angin kencang di  Panjalu. Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved