Bakal Terganggu Proyek KCIC, SMPN 1 Ngamprah Mendapat Kompensasi Rp 3,6 Juta per Bulan

Bakal terganggu proyek KCIC, SMPN 1 Ngamprah mendapat kompensasi Rp 3,6 juta per bulan.

Bakal Terganggu Proyek KCIC, SMPN 1 Ngamprah Mendapat Kompensasi Rp 3,6 Juta per Bulan
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi di SMPN 1 Ngamprah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendapat uang kompensasi dampak dari proyek pembuatan trase Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung sebesar Rp 3,6 juta per bulan.

Pasalnya, akibat dampak proyek tersebut, selain ada lima ruang kelas yang harus dirobohkan, para siswa juga terdampak karena banyak debu dan bisa membahayakan kesehatan mereka saat pembangunan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMPN 1 Ngamprah, Aam M Jamhur mengatakan, uang kompensasi tersebut akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan para siswa seperti susu dan makanan ringan hingga suplemen.

"Karena dampaknya terutama debu itu sangat dirasakan siswa. Uang itu dibelikan kayak susu, suplemen, makanan ringan per bulan sampe proyek beres," ujarnya saat ditemui di SMPN 1 Ngamprah, Selasa (26/11/2019).

Selain itu uang kompensasi, kata dia, pihaknya juga mendapatkan masker untuk menjaga siswa dari gangguan debu proyek karena dikhawatirkan debu itu bisa membuat siswa terkena gangguang inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Masker yang didapat dari pihak kontraktor proyek hanya seminggu sekali dan hanya untuk sekali pakai. Harusnya masker yang tahan lama agar lebih baik," ucapnya.

Meski mulai dilakukan pembongkaran, semua siswa SMPN 1 Ngamprah tetap mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti biasanya, sehingga pembongkaran tersebut tidak mengganggu KBM.

"Sekarang sekolahnya dibagi dua sesi. Jadi yang 7 kelas itu masuk bagian siang bareng sama kelas terbuka. Totalnya 9 kelas dari 27 kelas keseluruhan," kata Aam.

Pelajar Meninggal Setelah Motornya Tabrakan dengan Truk Proyek KCIC di Cikalongwetan

Komisi III DPRD KBB Minta Pembangunan Terowongan KCIC Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved