Pesaing Bisnis Telekomunikasi Terus Bermunculan, Strategi Ini yang Dilakukan Telkomsel

Persaingan bisnis telekomunikasi bukan hanya dengan operator, melainkan dengan cloud computing semisal Google, Yahoo, Microsoft, dan penyedia sejenis

Pesaing Bisnis Telekomunikasi Terus Bermunculan, Strategi Ini yang Dilakukan Telkomsel
Tribun Jabar/Ferri AM
Vice President Consumer Sales Telkomsel Jabotabek Jabar Tuty R Afriza berfoto bersama perwakilan bisnis to bisnis, manager corporate communication, dan perwakilan Telkomsel inovation center dalam kesempatan media gathering di Bogor akhir pekan ini 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Persaingan bisnis telekomunikasi bukan hanya dengan operator, melainkan dengan cloud computing semisal Google, Yahoo, Microsoft, dan penyedia sejenis yang mulai banyak diminati oleh pelanggan.

Hal itu disampaikan Vice President Consumer Sales Telkomsel Jabotabek Jabar, Tuty R Afriza, dalam kesempatan media gathering dengan jurnalis se-Jabotabek Jabar bertajuk 'Sejalan Berbagi Ccerita' di Bogor, akhir pekan ini.

Ia mengatakan, hasil riset intern menunjukkan pelanggan yang menggunakan telepon langsung dan SMS untuk berkomunikasi semakin menurun.

Namun, jumlah pelanggan yang berkomunikasi via media sosial dan aplikasi terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Modal Tusuk Gigi, 2 Pria di Tangerang Kuras Rekening Korban, Pura-pura Menolong di ATM

Menurutnya, pelanggan sudah membutuhkan nilai lebih bukan hanya penjualan kuota namun harus ada pembeda dan sentuhan inovasi serta teknologi baru.

"Kami terus melakukan perubahan, saat ini kami lebih melihat apa yang dibutuhkan pelanggan dan pasar, mereka terus tumbuh dan kami harus senantiasa berubah seiring perkembangan dan pelanggan yang didominasi menggunakan gadget mereka untuk entertainment," ujar Tuty dalam kesempatan media gathering dengan jurnalis se-Jabotabek Jabar bertajuk 'sejalan berbagi cerita' di Bogor, akhir pekan ini.

Tuty melihat, pelanggan yang cenderung menghabiskan energi untuk mencari hiburan di smartphone atau gadget, menjadikan ia harus memenuhi kebutuhan tersebut.

"Belum lama ini kami launching Maxstream, jadi ibu-ibu bisa nonton HBO Go selesai mengerjakan pekerjaan rumah atau dari smartphone dimana saja, saya melihat filmnya bagus-bagus," ujarnya.

Ia mengatakan, database pengguna Telkomsel saat ini mencapai 170 juta dan terbesar se-Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved