Breaking News:

Jabar Quick Response, Belajar Mencintai Jawa Barat

Jabar Quick Response merupakan salah satu program Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang difungsikan untuk ikhtiar membangun nilai-nilai kemanusiaan

Istimewa
Kegiatan yang dilakukan Tim Jabar Quick Response. 

TRIBUNJABAR.ID - Saat pertama kali turun ke lapangan bersama Jabar Quick Response, Oktober 2018, saya datang dengan romantisme sebagai anggota organisasi mahasiswa dan perkerja sosial.

Membayangkan dapat memberikan pertolongan dan menjadi heroik.

Kenyataan sesungguhnya ternyata berbeda dari yang dibayangkan, meskipun tidak buruk. Hanya berbeda.

Dulu ketika saya menjadi pekerja sosial sempat mengundang komentar-komentar pongah menari-nari di kepala, “Lahh, kok mau-maunya bantu orang lain,” atau “Banyak orang yang harus diberikan bantuan” lalu “Kok nggak ada yang mau ngurusin masalah-masalah yang ada … pemerintah seharusnya malu, sih.”

Jabar Quick Response merupakan salah satu program Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang difungsikan untuk ikhtiar membangun nilai-nilai kemanusiaan dan menyelesaikan masalah kedaruratan yang ada di Jawa Barat.

Saat ini, Jabar Quick Response memiliki tujuh pelayanan yaitu sakit dan darurat kesehatan, putus akses pendidikan, rumah darurat roboh, jembatan gantung darurat, listrik daerah isolir, gizi buruk dan rawan pangan, kebencanaan.

Beberapa bulan terlibat di Jabar Quick Response, saya sudah meralat sudut pandang itu.

Itu baru beberapa bulan awal. Hari-hari selanjutnya adalah tamparan demi tamparan yang meruntuhkan persepsi saya. Berpikir mengapa begini, mengapa begitu? berusaha keras memahami suatu dinamika—dalam hal ini kehadiran Negara untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakatnya.

Menyelesaikan semua masalah yang ada di Jawa Barat memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Tidak semua masalah bisa diselesaikan JQR.

Namun JQR tetap membuka ruang bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Semoga Allah Swt selalu memberikan berkahNya pada kita semua. Aamiin.

Salam JQR
Reggi K. Munggaran

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved