862 Personel Polres Cimahi Siap Diturunkan untuk Amankan Pilkades di KBB

Polres Cimahi bakal menurunkan sebanyak 862 personel untuk mengamankan proses Pemilihan Kepala Desa

862 Personel Polres Cimahi Siap Diturunkan untuk Amankan Pilkades di KBB
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Apel gelar pasukan anggota Polres Cimahi untuk pengamanan Pilkades KBB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Polres Cimahi bakal menurunkan sebanyak 862 personel untuk mengamankan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 24 November 2019.

Dalam pilkades nanti, tercatat ada 112 desa yang akan menggelar pesta demokrasi tersebut dengan total 966 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di setiap desa di KBB.

Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan mengatakan, sebagai persiapan pihaknya telah mengadakan pegeseran pasukan untuk mengumpulkan seluruh personel yang bertugas dari mulai tahapan masa tenang, pendistribusian, pemungutan suara dan hitung suara hingga pleno penetapan pemenang nanti.

"Mereka akan ditempatkan di 966 TPS di 112 desa. Kita sudah menurukan 862 personel baik dari personel Polri, kemudian dari Bhabinsa yang ada di wilayah masing-masing," ujarnya usai gelar pasukan pengamanan Pilkades KBB di Mapolres Cimahi, Jumat (22/11/2019).

Ini Tema yang Diusung Tim KMBD Unpad hingga Meraih Juara di Kompetisi Gemastik XII

Menurutnya, untuk penempatan personel nanti, akan disesuaikan dengan tingkat keamanan di setiap TPS dan pihaknya sendiri sudah memetakan wilayah dari mulai daerah aman hingga kategori rawan.

"Jadi dalam pengamanan nanti, ada yang satu TPS satu personel, ada juga yang TPS kategori aman bisa dua personel untuk 4-6 TPS," kata Widi.

Berdasarkan pemetaan, kata dia, memang ada beberapa desa atau TPS yang memiliki titik kerawanan yang dilihat dari letak geografis hingga jumlah penduduk, lokasi yang berjauhan, kemudian lokasi yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.

"Maka kita ada penembalan (pengamanan) di situ. Saya mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas harus netralitas, profesionalisme dengan cara tidak memihak kepada salah satu calon," ucapnya.

Ia mengatakan, netralitas tersebut sangan penting dilakukan karena bisa memberikan rasa aman nyaman dan tentram, hingga akhirnya menyukseskan tahapan Pilkades Serentak 2019.

Ingin Perut Sixpack dan Bokong Kencang ? Yuk Coba Perawatan Emsculpt, Pertama di Bandung Lho

Pihaknya juga meminta seluruh masyarakat, khususnya desa yang melaksanakan Pilkades agar menjaga kekondusifan, termasuk saat masa tenang yang berlangsung 21 hingga 23 November mendatang.

"Kami harapkan dimasa tenang kita sama-sama menjaga kondusifitas sampai nanti pada tahap pemutungan suara dan penetapan pemenang," ujarnya.

Apabila ada permasalahan, kata dia, pihaknya meminta agar bisa menyeselesaikannya dengan baik dan sesuai dengan koridor yang ada, agar Pikades bisa aman dan kondusif.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved