Geledah Rumah di Gunungkidul, Densus 88 Antiteror Temukan Panci Berisi Bahan Peledak

Ketua RW 02 Sunarto mengatakan, dia dihubungi oleh petugas saat sedang berada di ladang sekitar pukul 08.30 WIB. Sunarto diajak ke rumah Markino untuk

KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO
Petugas Kepolisian Mengamankan Belasan Kantong dari Rumah di Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Gunungkidul 

TRIBUNJABAR.ID, YOGYAKARTA - Densus 88 Antiteror menggeledah dua rumah milik Markino dan Marto Wasidi (80), warga Dusun Ngunut Tengah, Desa Ngunut, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Rabu (20/11/2019).

Dalam operasi tersebut, Densus 88 Antiteror menyita sejumlah panci yang diduga berisi bahan peledak di rumah Markino.

Petugas meledakkan salah satu di bahan peledak yang disita.

Ketua RW 02 Sunarto mengatakan, dia dihubungi oleh petugas saat sedang berada di ladang sekitar pukul 08.30 WIB. Sunarto diajak ke rumah Markino untuk menyaksikan penggeledahan.

Selain rumah Markino, petugas juga menggeledah rumah mertua Markino, Marto Wasidi (80).

Dalam penggeledahan yang berlangsung sekitar enam jam, sejumlah benda disita dari kedua rumah tersebut.

"Setahu saya yang dibawa oleh petugas antara lain panci, kalau enggak salah ada empat. Panci terus dalamnya ada bahan-bahan peledak apa kurang tahu ada kabel-kabel," ujar Sunarto, saat ditemui di rumahnya, Rabu.

BREAKING NEWS Densus 88 Antiteror Tangkap Terduga Teroris Jaringan JAD di Jamblang Cirebon

"Satunya (panci) ada yang diledakkan di depan rumah. Saya disuruh minggir dulu saat peledakan," kata Sunarto menambahkan.

Selain itu, sepengetahuan Sunarto, dari dua rumah yang digeledah juga disita beberapa buku, senapan angin laras panjang, senjata api rakitan, dan beberapa peluru, busur panah.

"Yang di depan warungnya (rumah mertua) itu busur panah. Bahan peledak ada di rumah yang belakang (milik Markino) adanya di sekitar kamar. Buku-buku ada empat saya baca sekilas tauhid gitu," ujar dia.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved