Breaking News:

Mengenal Colok Gembrung, Camilan Khas Ciamis yang Maknyus, di Kampung Ini Produksi 2 Juta Tusuk/Hari

Camilan unik yang menjadi makanan khas dari Kabupaten Ciamis ini benar-benar menarik dan memiliki rasa yang maknyus. Namanya Colok Gembrung.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Dedy Herdiana
Tribun Jabar/Andri M Dani
COLOK GEMBRUNG - Camilan khas Ciamis tidak hanya Galendo, tetapi juga ada Colok Gembrung yang sentra produksinya di Kampung Pasir Datar, Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg . 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Camilan unik yang menjadi makanan khas dari Kabupaten Ciamis ini benar-benar menarik dan memiliki rasa yang maknyus.

Tampilannya mirip sate, tapi bahan bakunya dari kulit sapi dan tidak dibakar melainkan direbus lalu dipotong-potong dan ditusuk seperti sate dan diberi bumbu terbuat dari Galendo yang juga makanan khas Ciamis

Setelah ditelusuri, ternyata menu khas Ciamis ini sentra produksinya berada di Kampung Pasir Datar, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg.

Mau Ngopi Dengan Sensasi Berbeda di Kuningan? Coba Kunjungi Waja Kopi di Bukit Sukageuri

Mencicipi Kopi Sejagat Khas Waja Kopi Kuningan, Sensasi Biji Kopinya yang Bikin Citra Rasa Terbaik

Warga di sana menyebut camilan khas itu dengan nama Colok Gembrung.

Sebagian warga di Ciamis juga ada yang menyebut camilan tersebut dengan nama Sate Jepret, karena  begitu disantap, bumbunya langsung ngajepret, seperti loncat karena yang tadinya menempel di kulit sapi saat digigit langsung banyak terlepas.

Keunikan lainnya, camilan ini ternyata sudah menjadi menu legenda asli dari Ciamis, karena makanan ini sudah lintas generasi, dan sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda.

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang untuk Menu Camilan Anda di Rumah

Masak Surabi Durian Cokelat untuk Menu Camilan di Rumah Yuk, Berikut Resep Lengkapnya

Satu di antara perajin Colok Gembrung di Kampung Pasir Datar, Tita Herawati (38), mengatakan camilan ini sejak dulu tetap disukai orang tua dan anak muda.

Camilan ini mudah diperoleh di Pasar Manis dan Pasar Subuh Ciamis.

COLOK GEMBRUNG - Camilan khas Ciamis tidak hanya Galendo, tetapi juga ada Colok Gembrung yang sentra produksinya di Kampung Pasir Datar, Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg .
COLOK GEMBRUNG - Camilan khas Ciamis tidak hanya Galendo, tetapi juga ada Colok Gembrung yang sentra produksinya di Kampung Pasir Datar, Desa Mekarjaya Kecamatan Baregbeg . (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Di Blok A Pasar Manis Ciamis ada beberapa jongko penjualan Colok Gembrung yang hampir dipastikan penjualnya adalah warga Pasir Datar.

“Juga di Pasar Kawali, hampir dipastikan yang jualan colok gembrung di pasar-pasar itu adalah juga perajin colok gembrung dari Pasir Datar. Mereka bikin dan jual sendiri produksinya,” kata Tita kepada Tribun Jabar, Selasa (19/11/2019).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved