Chandra Tirta Wijaya Mantan Anggota DPR RI Dipanggil KPK Hari Ini, Berikut Kata Juru Bicara KPK

KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 Chandra Tirta Wijaya, Selasa (19/11/2019) hari ini.

Chandra Tirta Wijaya Mantan Anggota DPR RI Dipanggil KPK Hari Ini, Berikut Kata Juru Bicara KPK
kompas.com
Logo KPK 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 Chandra Tirta Wijaya, Selasa (19/11/2019) hari ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan, Chandra akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap terkait pengadaan pesawat dan mesin pesawat dariAirbus dan Rolls Royce pada PT Garuda Indonesia.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SS (Soetikno Soetardjo)," kata Febri dalam keterangannya seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/11/2019).

Cak Imin Ketua Umum PKB Dipanggil KPK Hari Ini, Begini Kata Juru Bicara KPK Soal Pemamggilannya

Anak Menkumham Penuhi Pangilan KPK

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Chandra merupakan eks anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Belum diketahui apa yang akan didalami penyidik KPK dalam pemeriksaan terhadap Chandra hari ini.

Selain Chandra, penyidik KPK juga dijadwalkan memeriksa dua orang saksi lainnya untuk tersangka Soetikno yaitu Direktur Utama PT Indonesia Advisory Duta Solusindo Andri Budhi Setyawa dan seorang pihak swasta bernama Emmy Ridarty Sumangkut.

Mantan Dirut Garuda Indonesia Ini Jadi Tersangka

Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan beneficial owner Connaught International Pte. Ltd dan juga pendiri Mugi Rekso Abadi (MRA) Soetikno Soedarjo, sebagai tersangka.

Emirsyah diduga menerima suap dari Soetikno terkait pengadaan pesawat Airbus SAS dan mesin pesawat Rolls-Royce untuk PT Garuda Indonesia.

KPK menduga Soetikno memberikan uang kepada Emirsyah sebesar 1,2 juta euro dan 180.000 dollar AS atau setara Rp 20 miliar.

Emirsyah juga diduga menerima suap dalam bentuk barang senilai 2 juta dollar AS yang tersebar di Indonesia dan Singapura.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Panggil Mantan Anggota DPR dalam Kasus Korupsi Garuda", https://nasional.kompas.com/read/2019/11/19/11433351/kpk-panggil-mantan-anggota-dpr-dalam-kasus-korupsi-garuda.
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Diamanty Meiliana

Waspada Teror Alat Vital di Bandung, Ini Ciri-ciri Pelaku dan Jenis Motor yang Digunakannya

Persib Bandung Dapat Tekanan Sekaligus Keuntungan, Pasca Persipura Jayapura Dibantai PSM Makassar

 

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved