Bupati Bandung Menegaskan Pembangunan Perumahan Mewah Podomoro Park Sudah Memenuhi Proses Perizinan

Bupati Bandung Dadang M Naser menegaskan pembangunan perumahan mewah Podomoro Park sudah memenuhi proses perizinan.

Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Replika kawasan Podomoro Park di Bandung Selatan yang akan menjadi tempat proyek pembangunan klaster Bhayugriya, di Podomoro Pavilion, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (9/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Bupati Bandung Dadang M Naser menegaskan pembangunan kawasan pemukiman terpadu Podomoro Park di Bojongsoang, Kabupaten Bandung yang dikembangkan oleh PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) sudah memenuhi proses perizinan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

"Izin proyek Podomoro Park sudah lengkap. Izin Pemanfaatan Tanah (IPT) site plan juga sudah lengkap. Tidak ada masalah dengan proyek itu," ujar Dadang M Naser akhir pekan lalu di Bandung (15/11/2019).

Dadang juga menjelaskan bahwa kawasan pemukiman terpadu yang dibangun Podomoro Land bukanlah lahan hijau. Lokasi tersebut merupakan areal yang bisa digunakan untuk proyek perumahan dan tidak ada aturan yang dilanggar.

"Itu bukan lahan hijau, itu sawah. Kenapa itu dibangun? Sudah merah lahannya. Termasuk Bojongsoang, enggak ada itu lahan hijau dipakai Podomoro Land. Enggak ada, saya digantung kalau lahan hijau diberi IPT (ijin pemanfaatan tanah). Saya pasti digarap KPK," jelas Dadang.

Menurut Dadang, kehadiran Podomoro Park justru akan menciptakan kebangkitan ekonomi wilayah Bandung selatan dan diharapkan dapat memberikan multiplier effect untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Dampak ekonomi pasti tinggi di sana, karena bukan hanya perumahan, tapi ada pertokoan dan restoran yang pajaknya langsung masuk ke kita (pemerintah daerah) setiap bulan. Lapangan kerja juga pasti tersedia," tuturnya.

Dadang berharap pembangunan di Bojongsoang lebih seperti Kota Baru Parahyangan (perumahan di Bandung Barat). Podomoro Park diharapkan dapat terus memperkuat koordinasi dengan pusat sehingga ada jalur khusus ke Podomoro Land dari Tol Buah Batu.

Menurutnya sebelumnya, pihak Podomoro Park memastikan proses pembangunan rumah mewah di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, telah sesuai aturan. Pihak Podomoro memastikan seluruh proses perizinan sudah ditempuh.

"PT PMKM (Pesona Mitra Kembar Mas) selaku pengembang Podomoro Park Bandung telah melengkapi setiap izin yang diberlakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung, di antaranya izin lokasi, izin lingkungan, Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup, dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)," ucap CEO Podomoro Park Bandung Susanto Ong.

Susanto mengatakan, sebelum proses pembangunan Podomoro Park persoalan perizinan sudah dilakukan. Proses perizinan ditempuh melalui berbagai tahapan serta regulasi yang diatur oleh Pemkab Bandung.

"Komitmen kami adalah bersama pemerintah daerah dan masyarakat untuk mendorong kegiatan ekonomi di wilayah ini yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," kata Susanto menambahkan.

Podomoro Park merupakan kawasan hunian terpadu yang dibangun di areal seluas 100 hektare. Di lokasi ini, selain perumahan juga akan dibangun berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan dan ruang publik yang bisa menciptakan sumber ekonomi bagi masyarakat di Bandung dan Jawa Barat.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved