Perhutani Prioritaskan Penebangan Pohon Tua di KBB Dekat Pemukiman Warga, Ini Alasannya

Pada awal musim hujan, pihaknya sudah menebang pohon tua di objek wisata milik Perhutani yang berada di Kecamatan Lembang.

isep heri/tribun jabar
Penginapan di Grafika Cikole di Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara akan memprioritaskan penebangan pohon tua atau pohon yang sudah lapuk di objek wisata yang berdekatan dengan rumah warga.

Administrator Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin, mengatakan bahwa hal itu perlu dilakukan karena saat musim hujan kerap terjadi hujan lebat disertai angin kencang yang bisa menyebabkan pohon berusia tua tumbang.

"Kami prioritaskan pohon tua yang ada di tempat wisata tapi berdekatan dengan rumah penduduk yang ditebang, karena ketika tumbang dikhawatirkan menimpa rumah," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (17/11/2019).

Perhutani Akan Terus Tebang Pohon Tua Saat Musim Hujan, Penggantinya Akan Tanam 680.000 Bibit Pohon

Pada awal musim hujan, pihaknya sudah menebang pohon tua di objek wisata milik Perhutani yang berada di Kecamatan Lembang.

Beberapa di antaranya adalah objek wisata Pall 16, Grafika, dan Orchid Forest.

Mayoritas wilayah objek wisata tersebut adalah hutan lindung dengan tutupan lahan pohon pinus.

"Tapi kami tanam lagi dengan bibit yang baru, meskipun masih banyak pohon di kawasan hutan kita yang tua tapi kondisinya masih bagus," kata Komarudin.

Tak hanya menebang pohon, Perhutani KPH Bandung Utara juga memberlakukan buka tutup objek wisata yang dikelolanya untuk antisipasi pohon tumbang saat musim hujan.

Hal tersebut, kata Komarudin, dilakukan agar ketika terjadi pohon tumbang tidak sampai membahayakan pengunjung objek wisata yang tengah berkunjung.

"Sistem buka tutup objek wisata itu situasional, jadi kita melihat kondisi cuaca. Kalau cuaca buruk atau hujan lebat kita tutup, tapi ketika cuaca sudah membaik kita buka lagi," ucapnya.

Antisipasi Pohon Tumbang di Objek Wisata KBB, Perhutani Tebang 70 Pohon yang Sudah Lapuk

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved