Gempa Bumi Guncang Indramayu, Siswa SMAN 1 Sindang Berlindung Agar Tak Jadi Korban

Gempa bumi guncang Indramayu. Siswa SMAN 1 Sindang berlindung agar tak jadi korban. BPBD gelar simulasi.

Gempa Bumi Guncang Indramayu, Siswa SMAN 1 Sindang Berlindung Agar Tak Jadi Korban
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Simulasi gempa bumi di SMAN 1 Sindang, Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Ratusan siswa di SMK Negeri 1 Sindang Indramayu antusias mengikuti kegiatan simulasi gempa bumi.

Kegiatan itu digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu untuk mengedukasi siswa-siswi bagaimana cara menyelamatkan diri bila bencana gempa bumi terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana melalui koordinator Tim Assesment BPBD Indramayu, Ismail Husni mengatakan, sekolah menjadi wilayah yang rentan berdampak korban bila bencana gempa bumi terjadi.

"Kantor, rumah, juga sebenarnya rentan korban tapi karena struktur bangunan yang umumnya dua lantai, sekolah sangat rentan terjadi korban," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di sela-sela kegiatan mitigasi bencana di SMK Negeri 1 Sindang, Jumat (15/11/2019).

Oleh karena itu, siswa-siswi perlu dibekali dengan edukasi kebencanaan, terutama bagaimana menyelamatkan diri mereka sendiri.

"Program ini namanya siswa siaga bencana, kami juga melakukan di sekolah-sekolah lain di Indramayu," ujar dia

Ismail Husni menambahkan, para pelajar yang tidak tahu bagaimana cara menyelamatkan diri saat gempa terjadi, kebanyak dari mereka merasa panik.

Hal tersebut yang mengakibatkan terjadinya korban.

"Biasanya mereka panik dan berjubel (rebutan keluar ruangan) lalu terinjak-injak nah korbannya itu biasanya dari situ," ucap dia.

Halaman
12
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved