Hasil Pertemuan dengan Ridwan Kamil, Jepang Pastikan Dukung 4 Program Lingkungan di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan rangkaian pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang

Hasil Pertemuan dengan Ridwan Kamil, Jepang Pastikan Dukung 4 Program Lingkungan di Jabar
Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan rangkaian pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan Japan Internasional Coorporation Agency ( JICA ) di Tokyo, sejak Selasa (5/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan rangkaian pertemuan dengan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang dan Japan Internasional Coorporation Agency ( JICA ) di Tokyo, sejak Selasa (5/11/2019).

Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, mengatakan bahwa pertemuannya dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang Nakayama membicarakan rencana dan komitmen bantuan terhadap sejumlah program lingkungan di Jabar.

“Pertama, dukungan Jepang untuk pemulihan Sungai Citarum, dari mulai pengolahan limbah industri yang canggih akan dihibah dan dikerjasamakan,” katanya melalui ponsel, Kamis (7/11/2019).

Kemudian, katanya, rencana dukungan pada proyekTempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir sampah (TPPAS) regional Legok Nangka di Kabupaten Bandung terkait program Green Business yang diikuti Jepang.

“Nah, beliau (Wakil Menteri Lingkungan Jepang) menyarankan ini akan dibahas secara teknis di bawah, agar bantuan program terkait lingkungan dari Jepang di 2020 bisa dilaksanakan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga menyampaikan permintaan keterlibatan perusahaan-perusahaan Jepang yang memiliki pabrik di Jabar untuk menyalurkan dana CSR-nya untuk turut serta dalam pemulihan dan penghijauan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Sosok Dewi Tanjung, Pesinetron Cantik yang Kerap Bahas Keganjilan Kasus Novel Baswedan di Youtube

Kisah Pilu TKW Indramayu, Dipaksa Layani Nafsu Majikan & Dipecut, Minta Pulang Harus Bayar 30 Juta

Menurutnya, dukungan untuk program lingkungan pun datang dari JICA yang menyambut baik target pemerintah menjadikan Citarum sungai terbersih dan ramah lingkungan pada 2024.

“JICA akan memastikan banyak bantuan dalam bentuk dana dan teknologi dan kepakaran dalam membantu Jabar mempercepat program Citarum Harum,” kata Ridwan Kamil.

Kedua dalam pertemuan tersebut JICA juga mendorong Jabar menjadi percontohan program pengelolaan sampah menjadi energi (waste to energy). JICA akan membantu mengawal proyek TPPAS Legoknangka juga 4 proyek serupa di sejumlah wilayah.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved