Stadion Bertaraf Internasional Akan Dibangun Pemkab Bandung Barat, Di Sini Lokasinya, Untuk Porda

Stadion bertaraf internasional akan dibangun Pemkab Bandung Barat. Di sini lokasinya. Untuk pelaksanaan Porda.

Stadion Bertaraf Internasional Akan Dibangun Pemkab Bandung Barat, Di Sini Lokasinya, Untuk Porda
Infografis Terintegrasi dengan kota baru walini 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Pemkab Bandung Barat memastikan stadion bertaraf Internasional untuk keperluan pekan olahraga daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022 akan dibangun di kawasan Walini, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebelumnya, stadion ini disebut-sebut akan dibangun di Kecamatan Cipatat dengan anggaran Rp 250 miliar yang dibagi pada tiga tahap anggaran, tapi akhirnya urung dilakukan karena lokasinya dinilai kurang strategis.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB, Ade Sudiana mengatakan, stadion tersebut memang disiapkan untuk keperluan Porda tahun 2022 yang nantinya akan digunakan untuk venue pembukaan dan penutupan Porda sesuai keinginan bupati.

"Sesuai rencana, pembangunan stadion untuk Porda lokasinya di kawasan Walini. Sebelumnya akan dibangun di Cipatat tapi ada perubahan, jadinya di sana (Walini)," ujarnya saat ditemui di kompleks perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (6/11/2019).

Rencana adanya pembangunan stadion megah tersebut, karena Kabupaten Bandung Barat terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Porda tahun 2022 bersama Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang.

"Jadi stadionnya harus bertaraf Internasional agar bisa digunakan untuk lokasi pelaksanaan pembukaan dan penutupan yang cukup mewah," kata Ade.

Namun, pihaknya belum bisa menyebutkan anggaran pasti untuk pembangunan stadion tersebut.

Menurut Ade, untuk biayanya membutuhkan anggaran yang cukup besar dan harus ada bantuan dana dari Pemprov Jabar.

"Awalnya, anggaran untuk pembangunan stadion dapat bantuan Rp 250 miliar, tapi kalau jumlahnya pastinya saya belum tahu, yang jelas (stadion) bakal dibangung di Walini," ucapnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengatakan, selain adanya bantuan dari Pemprov Jabar, pihaknya juga berharap ada sokongan dana dari pihak ketiga untuk pembangunan stadion tersebut.

"Kalau ingin membangunan stadion yang bagus dan representatif anggarannya pasti Rp 500 miliar ke atas. Tapi saya ingin ada kelengkapannya seperti Sarana Olahraga (SOR) terlengkap," katanya belum lama ini.

Menurutnya, dengan adanya kelengkapan seperti SOR itu, supaya Pemkab Bandung Barat, nantinya bisa mendapatkan penghasilan untuk biaya pemeliharaan stadion tersebut.

UMK Kabupaten Bandung Barat Jadi Rp 3,1 Juta, Ini Tanggapan Perwakilan Buruh

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved