Soal Tenaga Kerja Asing di Proyek KCIC, DPRD Cimahi Minta Pemkot Lebih Proaktif Mendata

Komisi IV DPRD Kota Cimahi meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi lebih proaktif mendata pekerja asing yang ada d

Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi Ayis Lavilianto 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Komisi IV DPRD Kota Cimahi meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Cimahi lebih proaktif mendata pekerja asing yang ada di wilayah Kota Cimahi.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Ayis Lavilianto, menyesalkan pihak Disnakertrans Kota Cimahi tak memiliki data pekerja asing yang bekerja di wilayah Kota Cimahi.

"Kami menyesalkan Disnakertrans Kota Cimahi sampai tidak ada data pekerja asing terbaru. Harusnya secara proaktif mendata dan melihat di lapangan soal keberadaan tenaga kerja asing (TKA) tersebut," ujar Ayis di gedung DPRD Kota Cimahi, Jalan dra Djulaeha Karmita Kota Cimahi, Rabu (6/11/2019).

Puslabfor Mabes Polri Datangi Lokasi Kebakaran Pipa Pertamina, Ini yang Mereka Temukan

Hal itu, berkaitan dengan insiden kebakaran pipa minyak akibat dihantam bor proyek yang dikerjakan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Peristiwa itu menewaskan satu orang tenaga kerja asing pada (22/10/2019) yang lalu.

Meski proyek itu berada dalam pengawasan Pemprov Jabar, tetapi kata Ayis, Disnakertrans Kota Cimahi harus lebih aktif karena proyek tersebut berada di wilayahnya.

"Pengawasan ditarik ke provinsi otomatis jangkauan luas dan tenaga personil terbatas, pasti tidak akan terawasi semua," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Proyek KCJB yang dibangun pada trase wilayah Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi menelan korban jiwa.

Korban bernama Li Xuanfeng, personil operator alat berat bor dari subkontraktor CREC PT Ming Shun Construction.

Polda Jabar Periksa 10 Orang terkait Terbakarnya Pipa Pertamina di Cimahi, Ternyata Ini Penyebabnya

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved