Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Buka Orientasi DPRD Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum secara resmi membuka Orientasi DPRD Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V di BPSDM Provinsi Jawa Barat

Istimewa
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum secara resmi membuka Orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/11/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum secara resmi membuka Orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).

Dalam sambutannya Uu mengatakan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang berkedaulatan rakyat yang dalam pelaksanaannya menganut prinsip kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijakan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Untuk melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat tersebut perlu diwujudkan lembaga perwakilan rakyat baik di pusat maupun di daerah yang mampu melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan ketatanegaraan.

Oleh karena itu, Uu menambahkan, untuk mengembangkan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, diperlukan perwakilan rakyat daerah sebagai penyelenggara pemerintahan bersama dengan pemerintah daerah yang diharapkan mampu mengatur dan mengurus pemerintahan serta kepentingan masyarakat berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tugas-tugas yang akan diemban oleh segenap anggota DPRD ke depan, lanjut Uu, tentunya membutuhkan sikap dan etos kerja yang lebih profesional serta berdedikasi tinggi, terutama dalam melahirkan kebijakan-kebijakan publik yang cerdas, berkeadilan, dan berorientasi kepada kepentingan rakyat.

Oleh karena itu peningkatan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM), merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan yang tak terelakkan dan harus ditingkatkan mengikuti arus perubahan zaman, terutama menyikapi langkah-langkah kebijakkan pemerintah pusat yang terus melahirkan peraturan perundang-undangan yang baru.

Untuk itu DPRD yang mempunyai 3 pilar fungsi yaitu pengawasan, legislasi dan anggaran, kata Uu, dituntut untuk dapat mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kinerjanya secara lebih optimal, terutama dalam kerangka ikut menciptakan tata kepemerintahan yang baik (good governance) serta mewujudkan pemerintahan yang bersih atau clean governance.

Sementara itu Kepala BPSDM Provinsi Jawa Barat, Muhamad Solihin menjelaskan, proses kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten dan Kota gelombang V menggunakan pendekatan pembelajaran andragogi serta metode diskusi dan ceramah dari narasumber yang berpengalaman dan telah mengikuti training of trainer DPRD.

Orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/11/2019).
Orientasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten se- Jawa Barat Gelombang V di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat, Selasa (5/11/2019). (Istimewa)

Solihin menambahkan, materi yang akan di terima pada orientasi ini di antaranya:
- Building learning commitment
- Prioritas pembangunan Pemerintahan Provinsi Jawa Barat tahun 2019-2024
- Etika dan profesionalisme
- Integritas dan nilai-nilai anti korupsi
- Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan wawasan kebangsaan NKRI
- Sistem Pemerintahan Indonesia
- Hubungan kerja antara DPRD dan kepala daerah
- Fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD
- Muatan lokal/isu aktual “arah dan kebijakan pembangunan kepariwisataan di jawa barat
- Muatan lokal/ isu aktual “strategi pengembangan pariwisata di Jawa Barat
- Pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah. (*)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved