Pelajar SMA Bintang Mulia dan SMAK Trimulia Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Pelajar SMA Bintang Mulia dan SMAK Trimulia mengikuti pelatihan jurnalistik di Aula Bintang Mulia, Jalan Mekar Kencana No 1, Kota Bandung, Sabtu

Pelajar SMA Bintang Mulia dan SMAK Trimulia Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik
Tribun Jabar/Tiah SM
Pelajar SMA Bintang Mulia dan SMAK Trimulia yang menjadi peserta pelatihan jurnalistik berfoto bersama para pemateri dari Tribun Jabar di Aula Bintang Mulia, Jalan Mekar Kencana No 1, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Pelajar SMA Bintang Mulia dan SMAK Trimulia mengikuti pelatihan jurnalistik di Aula Bintang Mulia, Jalan Mekar Kencana No 1, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019).

Pelatihan Jurnalistik Asik yang didukung obat batuk Komix Herbal tersebut menghadirkan pemateri Januar Pribadi wartawan senior Tribun Jabar dan wartawan foto Tribun Jabar, Gani Kurniawan.

Dalam kegiatan tersebut lebih fokus membahas tentang fotografi dan membuat kepsen atau keterangan foto yang benar di media sosial.

Menurut  Kang Janu panggilan akrab Januar Pribadi untuk memberikan keterangan foto harus jujur  jangan seenaknya karena kepsen kejujuran sangat penting.

"Jurnalisme, sebuah catatan atau laporan harian yang disajikan untuk khalayak banyak bukan untuk pribadi," ujar Kang Janu.

Dalam kepsen yang menggunakan hastag dan untuk memancing komentar bubuhkan kalimat tanya.

Sementara itu Pemimpin Redaksi Tribun Jabar, Tatang  Suherman mengatakan setiap orang bisa menjadi reporter, editor, bahkan penerbit, melalui media yang ada di dunia digital atau internet.

Dalam menyajikan komentar harus santun dalam menyajikan bahasanya.

Para pelajar antusias mengikuti pelatihan apalagi saat praktik pemotretan.

Melinda dari SMAK Trimulia menanyakan tentang pengambilan foto agar pencahayaan bagus tidak gelap.

Saat itu, Gani Kurniawan, wartawan foto Tribun Jabar yang menjadi pemateri langsung memberikan jawaban.

Gani menyarankan dalam mengambil foto jangan melawan cahaya.

Lebih bagus lagi diambil dari samping kanan cahaya.

"Jika mengambil foto orang harus izin, apalagi mau dipublikasikan," saran Gani.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Sekolah Trimulia merangkap Kepala Sekolah Bintang Mulia, Teguh Juliawan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Tribun Jabar dan pihak pendukungnya, obat batuk Komix Herbal, yang telah melatih anak didiknya di bidang jurnalistik.  

Teguh berharap karya anak didiknya di bidang jurnalistik bisa bermanfaat bagi orang bahkan bisa mempengaruhi orang menjadi lebih baik.  (tiah sm).

Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved