Karnaval Kebudayaan Meriahkan Hari Kedua West Java Festival 2019

Pada penyelenggaraan hari kedua, Sabtu (2/11/2019), West Java Festival (WJF) menampilkan karnaval kebudayaan dari beragam daerah di Jawa Barat maupun

Karnaval Kebudayaan Meriahkan Hari Kedua West Java Festival 2019
Tribun Jabar/Zelphi
Anggota kontingen Kota Cimahi menggunakan asesoris berupa telinga gajah sebagai hiasan yang bercerita mengenai legenda Leuwi Gajah saat tampil di Karnaval Budaya dalam gelaran West Java Festival 2019, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - West Java Festival atau WJF telah berlangsung sejak Jumat (1/11/2019) di Gedung Sate.

Pada penyelenggaraan hari kedua, Sabtu (2/11/2019), West Java Festival (WJF) menampilkan karnaval kebudayaan dari beragam daerah di Jawa Barat maupun luar Provinsi Jawa Barat.

Terlihat, ada kontingen budaya dari luar Jabar seperti Provinsi Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, DKI Jakarta, hingga Kalimantan Timur menampilkan beragam kebudayaan asal derah masing-masing.

Genjot Kunjungan Pariwisata Jawa Barat, Ridwan Kamil Luncurkan Smiling West Java

Sejumlah ibu-ibu menggunakan pakaian tradisional Jepang  melakukan foto bersama di Kampung Jepang saat dilaksanakan West Java Festival di Komplek Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019).
Sejumlah ibu-ibu menggunakan pakaian tradisional Jepang melakukan foto bersama di Kampung Jepang saat dilaksanakan West Java Festival di Komplek Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (2/11/2019). (Tribun Jabar/Zelphi)

Kontingen budaya paling unik terlihat dari kontingen Kabupaten Cirebon. Kontingen itu membuat roda berbentuk burung raksasa dengan puluhan pengawal berpakain adat.

Bahkan terlihat Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, ikut dalam kontingen tersebut. Imron Rosyadi terlihat mengalungkan kain batik ke leher Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, yang turut hadir.

Selain festival budaya, hadir pula aneka booth makanan yang berada di dalam Gedung Sate. Uniknya terlihat booth internasional semisal Kampung Jepang, Kampung Belanda, Kampung Korea, dan lain-lain.

"West Java Festival ini merayakan keberagaman. Ada dari Betawi, Priangan. Ini namanya festival kebudayaan. Dari sini, saatnya kita membangun negeri," Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik, di Gedung Sate, Sabtu (2/11/2019).

Ia menjelaskan event ini menjadi penutup rangkaian HUT ke-74 Jawa Barat yang sudah berlangsung sejak Agustus 2019.

Edhy Prabowo dan Ridwan Kamil Bakar Ikan Bersama di Halaman Gedung Sate

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved