Isyana dan Gigi Ramaikan West Java Festival 2019 di Gedung Sate, Utamakan Sajikan Kebudayaan

West Java Festival (WJF) 2019, festival bergengsi di Jabar yang melibatkan berbagai kalangan di Indonesia, digelar Jumat-Minggu (1-3/11/2019).

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
West Java Festival memeriahkan kawasan Gedung Sate dan Gasibu, Kota Bandung, akhir pekan ini, Jumat (1/11/2019) sampai Minggu (3/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - West Java Festival (WJF) 2019, festival bergengsi di Jabar yang melibatkan berbagai kalangan di Indonesia, digelar Jumat-Minggu (1-3/11/2019).

Festival ini akan menampilkan beragam busana tradisional khas kabupaten dan kota se-Jabar dan negara sahabat. Tak hanya itu, berbagai produk unggulan asli Jawa Barat pun disuguhkan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan dengan mengedapankan sajian berbasis kebudayaan, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya di Jabar. Kegiatan ini dapat membangun komunikasi budaya dengan provinsi di daerah.

"WJF tahun ini juga ada keunikan karena mengangkat tema kebudayaan yang menjadi kekuatan pariwisata maka kita menghargai aneka ragam kebudayaan yang menjadi ikon sekarang ini. Kemudian WJF juga dirangkaikan dengan sebuah karnaval, Alhamdulillah yang terlibat di sini ada empat provinsi lain, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Tengah," ujar Dedi di sela acara, Jumat (1/11/2019).

Dedi juga mengatakan West Java Festival 2019 juga menghadirkan talenta terbaik Jawa Barat dan hiburan masyarakat dengan konten kubudayaan multietnis yang dikemas dengan mengikuti perkembangan zaman. Dalam gelaran festival ini pun diselenggarakan event-event kecil menarik seperti pameran dan booth produk

"Kemudian juga karnaval diikuti 27 kabupaten kota di Jawa Barat dan 20 OPD yang ada di Jawa Barat. Dengan tema keanekaragaman budaya, etnik Sunda Betawi, Cirebonan, dan Priangan," katanya.

Dedi berharap event yang diselenggarakan oleh Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat ini diharapkan dapat menambah semaraknya kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Apalagi untuk acara hiburan, WJF 2019 ini akan dimeriahkan sejumlah penyanyi dan artis Ibu Kota seperti Gigi Band, Isyana Sarasvati, Dewi Gita, Yura Yunita, dan musisi kawakan asal Kota Bandung lainnya. Acara akan berlangsung mulai pukul 08:00 hingga 23:00 WIB di Gedung Sate.

"Ada 262 booth, dan calon pengunjung ada sekitar 44.000 melalui pendaftaran digital. Diharapkan dalam waktu tiga hari ini menggeliat pariwisata di Jawa Barat ini. Lalu, masyarakat Jabar juga bisa menikmati WJF ini karena rangkaiannya sangat bagus, para penyedia jasa juga terlibat di sini, diharapkan membuahkan hasil transaksi ekonomi yang ada di Jabar," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jawa Barat Eddy Iskandar Muda Nasution mengapresiasi festival yang mampu mengkolaborasikan berbagai unsur dalam budaya dan wisata itu. Menurut Eddy, festival ini sekaligus menghargai keragamanan budaya yang didedikasikan untuk menguatkan ekonomi dan kunjungan wisata di Jawa Barat.

"Karena Jabar itu punya potensi wisata yang luar biasa. Rasanya susah untuk membandingkan Jabar dengan daerah lain. Kita punya semuanya," ungkap Eddy.

Eddy juga mengaku senang dengan besarnya animo masyarakat yang ingin berkunjung ke agenda tahunan ini. Sebab berdasarkan daftar pendaftaran digital, kunjungan masyarakat ke WJF 2019 ini mencapai 44.000.

"Saat ini sudah terdaftar yang ingin datang ada 44.000. Padahal targetnya 25.000, luar biasa minat warga Jabar ini. Bahkan luar biasanya saya mau ngantor ke Gedung Sate saja susah karena lalu lintas padat dan parkiran penuh semua," katanya.

Eddy mengajak semua masyarakat untuk bisa turun berpartisipasi dalan festival ini. Maklum, selain sajian karnaval, pameran, dan hiburan lainnya ada berbagai tenant yang akan menyajikan produk unggulan khas Jawa Barat mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan. (Sam)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved