Mudahkan Layanan bagi Warga, Pengadilan Agama Ciamis Luncurkan Aplikasi Siliwangi 4.0

Untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan bagi warga yang berperkara, Pengadilan Agama (PA) Kelas IA Ciamis meluncurkan aplikasi Siliwangi 4.0.

Mudahkan Layanan bagi Warga, Pengadilan Agama Ciamis Luncurkan Aplikasi Siliwangi 4.0
Tribun Jabar/Andri M Dani
Peluncuran Aplikasi Siliwangi 4.0 di Aula Setda Ciamis, Kamis (31/10/2019) siang oleh Ketua PTA Jabar, H Taufik HZ SH MH. Aplikasi yang diluncurkan PA Ciamis ini untuk memudahkan layanan bagi warga yang berperkara di Pengadilan Agama Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan bagi warga yang berperkara, Pengadilan Agama (PA) Kelas IA Ciamis meluncurkan aplikasi Siliwangi 4.0.

Lewat aplikasi berbasis android (WA) tersebut warga berperkara dapat memantau  perkaranya yang ditangani PA Ciamis.

Seperti siapa majelis hakim yang menangani perkaranya, jadwal sidang, perkembangan proses sidang, informasi tentang putusan, hingga besar biaya perkara sudah terpakai.

Peluncuran aplikasi Siliwangi 4.0 tersebut berlangsung di Aula Setda Ciamis, Kamis (31/10) siang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jabar, H Taufik HZ SH MH serta Sekda Ciamis Drs H Asep Sudarman MPd yang mewakili Bupati Ciamis serta didampingi Ketua PA Ciamis, Drs H Anang Permana SH MH.

Angka Perceraian di Pengadilan Agama Soreang Terus Meningkat, Tahun Ini Mencapai 6.300 Perkara

Pengadilan Agama Bandung Terus Berbenah, Ini Persyaratan Meminta Salinan Putusan di Pengadilan Agama

Peluncuran aplikasi tersebut bersamaan dengan kegiatan penyerahan penghargaan dari Mahkamah Agung (MA) untuk Bupati Ciamis.

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi hukum yang diikuti para hakim PA se Priangan Timur ( PA Garut, PA Tasikmalaya, PA Ciamis, PA Kota Tasikmalaya dan  PA Kota Banjar) yang diikuti  120 orang hakim PA , calon hakim (cakim) dan peserta lainnya .

Menurut Ketua PA Ciamis, Drs  H Anang Permana SH MH, aplikasi Siliwangi 4.0 ini merupakan peningkatan (upgrade) dari aplikasi terdahulu yakni Aplikasi Simanis (Sistem Informasi Notifikasi Info Perkara) yang berbasis SMS yang diluncurkan tahun 2018.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi, aplikasi tersebut ditingkatkan jadi berbasis android (WA) menjadi aplikasi Siliwangi 4.0.

"Fitur dari aplikasi ini mudah diakses. Sehingga warga yang berperkara cukup memantau perkembangan perkaranya dari rumah atau di mana pun berada. Tidak perlu hadir ke kantor PA, kecuali waktu sidang atau mediasi tentunya," kata Anang kepada Tribun Jabar, Kamis (31/10/2019).

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved