Pendapatan Daerah Jabar Tahun 2020 Diperkirakan Naik 15 Persen, Ini Prinsip dalam Penyusunan RAPBD

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan nota pengantar keuangan terkait Raperda APBD Provinsi Jabar TA 2020 dalam rapat paripurna DPRD Jabar

Pendapatan Daerah Jabar Tahun 2020 Diperkirakan Naik 15 Persen, Ini Prinsip dalam Penyusunan RAPBD
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan nota pengantar keuangan terkait Raperda APBD Provinsi Jabar Tahun Anggaran 2020 dalam rapat paripurna DPRD Jabar di kantor DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa (29/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan nota pengantar keuangan terkait Raperda APBD Provinsi Jabar Tahun Anggaran 2020 dalam rapat paripurna DPRD Jabar di kantor DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa (29/10/2019).

Pada rapat paripurna perdana bersama DPRD Jabar periode 2019-2024 itu, Emil, sapaan Ridwan Kamil, memaparkan sejumlah prinsip dalam penyusunan RAPBD Jabar Tahun 2020.

Pertama adalah memberikan ruang seluas-luasnya untuk partisipasi masyarakat sebagai manifestasi prinsip transparansi melalui penjaringan aspirasi.

Kemudian, menyajikan informasi yang memadai sehingga dari aspek akuntabilitas mudah diketahui penggunaan keuangan yang dikelola.

Ridwan Kamil : Tilawatil Quran jadi Solusi dalam Dinamika Pergaulan Sosial dan Digital Kaum Milenial

Daftar Lengkap UMP 2020 di Seluruh Indonesia, Jawa Barat Naik Jadi Berapa?

Penyusunan anggaran berpedoman kepada kaidah disiplin anggaran yang dimanifestasikan dalam perkiraan pendapatan yang terukur, dan pengeluaran yang efektif serta efisien.

"Pembebanan pendapatan daerah dilakukan secara proporsional dan pengalokasian belanja daerah mempertimbangkan asas keadilan dan pemerataan pelayanan masyarakat," kata Emil.

Dalam pengantarnya, Emil mengatakan bahwa perkiraan pendapatan daerah tahun 2020 sebesar Rp 41,583 triliun.

Ridwan Kamil Akan Panggil KCIC, Terkait Keluhan Warga di Proyek Kereta Cepat, Terakhir Pipa Terbakar

FORMASI CPNS 2019 di Jawa Barat, Ini Daftar Lowongan di Pemkot Bandung hingga Garut dan Tasik

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 5,456 triliun atau naik 15,10 persen dibandingkan dengan target APBD Perubahan 2019 sebesar Rp 36,127 triliun.

Pendapatan daerah tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Dareah (PAD) sebesar Rp 25, 233 triliun, dana perimbangan yang diperkirakan sebesar Rp 16,336 triliun. Pendapatan yang sah dari hal lain-lain diperkirakan sebesar Rp 23,199 miliar.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved