Tribun Jabar Peringkat II Media Massa Berbahasa Terbaik

Tribun Jabar menempati peringkat II media massa berbahasa Indonesia terbaik.

Tribun Jabar Peringkat II Media Massa Berbahasa Terbaik
istimewa
Redaktur Tribun Jabar Hermawan Aksan (kedua dari kiri) berpose dengan perwakilan media-media massa yang terpilih dalam 10 terbaik kategori media massa berbahasa Indonesia terbaik tingkat nasional. Tribun Jabar berhasil meraih peringkat kedua, naik dari peringkat lima tahun lalu. Harian Republika menempati peringkat pertama, disusul berturut-turut Tribun Jabar, Bisnis Indonesia, Koran Jakarta, Pikiran Rakyat, Solopos, Koran Sindo, Suara Merdeka, Suara Pembaruan, dan Radar Sampit. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Harian Tribun Jabar ditetapkan sebagai peraih peringkat kedua dalam kategori Penilaian Penggunaan Bahasa Media Massa Cetak 2019 tingkat nasional yang diadakan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra 2019.

Acara pemberian penghargaan berlangsung di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Penghargaan kepada media massa diberikan oleh anggota DPD Abraham Lianto.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, yang diharapkan memberikan sambutan di acara ini, berhalangan hadir karena mepetnya waktu antara pemberiaan undangan dan berlangsungnya acara.

Pejabat yang hadir antara lain Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum.

Peringkat 10 besar media massa cetak terbaik nasional berturut-turut adalah Republika (DKI Jakarta), Tribun Jabar (Jabar), Bisnis Indonesia (DKI), Koran Jakarta (DKI), Pikiran Rakyat (Jabar), Solopos (Jateng), Koran Sindo (DKI), Suara Merdeka (Jateng), Suara Pembaruan (DKI), dan Radar Sampit (Kalteng).

Tiga surat kabar Ibu Kota, Kompas, Koran Tempo, dan Media Indonesia, mendapat penghargaan sebagai Surat Kabar Berdedikasi dalam Berbahasa Indonesia.

Ada beberapa kriteria dalam penilaian untuk media berbahasa terbaik.

“Penilaian itu antara lain ejaan, bentuk dan pemilihan kata, paragraph, dan penalaran. Masing-masing memiliki bobot penilaian yang berbeda,” kata Eko Marini, M.Hum., Koordinator Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Nasional, di Hotel Bidakara kemarin.

Tujuan penilaian ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada media massa yang secara konsisten menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong media massa agar meningkatkan kualitas bahasanya.

Selain mendapat plakat dan piagam, kesepuluh media massa cetak itu menerima uang pembinaan.

Republika mendapat uang pembinaan Rp 15.000.000, sedangkan Tribun Jabar mendapat Rp 12.500.000. Masing-masing dipotong pajak.

Acara kemarin dimeriahkan oleh sejumlah hiburan, antara lain musikalisasi puisi, Tari Ondel-Ondel, dan pergelaran musik Kahitna.

Penulis: Hermawan Aksan
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved