Pengurus GMNI Bandung Dilantik, Gelar Diskusi Bonus Demografi

Pengurus DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)‎ Bandung dilantik di Gedung Wisma PU, Jalan LLRE Martadinata Bandung, Senin (28/10/2019).

Pengurus GMNI Bandung Dilantik, Gelar Diskusi Bonus Demografi
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Pengurus DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)‎ Bandung dilantik di Gedung Wisma PU, Jalan LLRE Martadinata Bandung, Senin (28/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengurus DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)‎ Bandung dilantik di Gedung Wisma PU, Jalan LLRE Martadinata Bandung, Senin (28/10/2019).

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana turut menghadiri pelantikan pengurus mahasiswa nasionalis tersebut.

Pelantikan bersamaan dengan diskusi peran pemuda bangsa dalam menghadapi bonus demografi 2020.

M Bachroen Ilham Ketua DPC GMNI yang baru dilantik mengatakan, ‎GMNI sebagai gerakan mahasiswa berhaluan nasionalisme yang memiliki watak sosial dan nasionalisme yang ditempatkan di atas nilai kemanusiaan.

"Bahwa dalam organisasi memiliki aturan main atau landasan hukum dalam berorganisasi. Pelantikan dan pengesahan pengurus GMNI 2019-2021 ini supaya tidak melenceng dari aturan berorganisasi," ujar Bachroen.

Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua PA GMNI Jabar, Abdi Yohana, pengurus DPD GMNI Jabar Wahyu Khanoris, dari DPP GMNI Robaytullah Kusuma Jaya hingga perwakilan DPD KNPI Kota Bandung, Dipan Ciptadi.

Diskusi bonus demografi kata dia, sekaligus momentum untuk mengingatkan pentingnya perbaikan etos kerja generasi muda saat ini. Data BPS 2018‎ menyebutkan jumlah populasi di Indonesia sebanyak 265 juta.

Dengan rincian, usia 20-35 tahun mencapai 24 persen setara dengan 63,4 juta jiwa dari 179,1 juta jiwa yang merupakan usia produktif. Kata dia, tidak salah bila pemuda disebut penentu masa depan Indonesia.

"Inilah yang disebut bonus demografi. Konsekuensi logisnya, salah satunya perubahan pola kerja. Namun, kondisi itu hadir di tengah angka pengangguran terdidik yang masih mencuat. Jika ‎tidak mempersiapkan diri, alih-alih mendapat bonus demografi, yang ada Indonesia mengalami bencana demografi," ujarnya.

Sebagai organisasi yang di dalamnya didominasi pemuda, kata dia, GMNI berkomitmen untuk mewujudkan bonus demografi tersebut.

Dalam pelantikan dan pengesahan pengurus DPC GMNI 2019-2021 itu, yakni melibatkan 13 pengurus termasuk Bachroen sebagai ketua. Kemudian salah satunya Sena Aji Purnama sebagai sekretaris‎ dan Chelsa Jelita Sandewi sebagai bendahara. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved