Kualitas Udara 2 Daerah di Jabar Ini Lebih Buruk dari Jakarta pada Jumat Pagi Ini

Kualitas udara di Depok dan Bekasi, Jawa Barat, ternyata lebih buruk dibanding Jakarta pada Jumat pagi (25/10/2019).

Kualitas Udara 2 Daerah di Jabar Ini Lebih Buruk dari Jakarta pada Jumat Pagi Ini
BUKBIS CANDRA ISMET BEY
ilustrasi polusi udara 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kualitas udara di Depok dan Bekasi, Jawa Barat, ternyata lebih buruk dibanding Jakarta pada Jumat pagi (25/10/2019).

Informasi ini didapat dari situs penyedia data polusi udara AirVisual.

Pukul 08.27 WIB, kualitas udara Jakarta berstatus tidak sehat, dengan Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara sebesar 167 dengan konsentrasi parameter PM2.5 86,4 ug/m3.

Dengan status tersebut, DKI Jakarta menempati peringkat ke-5 sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di antara kota-kota besar lainnya di dunia.

Polres Cirebon Kota Tangkap Residivis Pengedar Sabu, Begini Modusnya

Jakarta di bawah Kota Ulaanbaatar di Mongolia di peringkat ke-4, Kota New Delhi di India peringkat ke-3, Kota Kabul di Afghanistan peringkat ke-2, dan Kota Lahore di Pakistan peringkat ke-1.

Pengukuran AirVisual terhadap kualitas udara dilakukan menggunakan parameter PM (particulate matter) 2,5 alias pengukuran debu berukuran 2,5 mikron berstandar US AQI (air quality index).

Kendati demikian, kualitas udara di Jakarta pagi ini masih lebih baik daripada Depok US AQI 177 dan Bekasi US AQI 174 yang juga masuk kategori tidak sehat untuk semua kalangan.

Warga Jakarta, Bekasi, dan Depok direkomendasikan mengurangi kegiatan luar ruangan. Warga yang beraktivitas di luar ruang diimbau untuk mengenakan masker guna menangkal polusi.

Tahun Ini, Kabupaten Majalengka Miliki 16 KBIH yang Kini Namanya Jadi KBIHU

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved