Tribun Jabar Bagikan Tips Ubah Citra Negatif Jadi Positif Bagi Pegawai Kehumasan di Pemkab Sumedang

Di acara Forum Pejabat Kehumasan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2019, Manajer Produksi Tribun Jabar Arief Permadi menjelaskan cara menulis rilis

Tribun Jabar Bagikan Tips Ubah Citra Negatif Jadi Positif Bagi Pegawai Kehumasan di Pemkab Sumedang
Tribun Jabar/Kisdiantoro
Manajer Produksi Tribun Jabar Arief Permadi menjadi pembicara di Forum Kehumasan Pemkab Sumedang, Kamis (24/10/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pemerintah kabupaten dan kota di era siber sudah menyadari pentingnya penyebaran informasi dari pemerintah untuk masyarakat.

Hanya dalam pengemasan konten informasi tersebut belum dikemas menarik dan mudah dicari di mesin pencarian di internet.

Di acara Forum Pejabat Kehumasan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2019, Manajer Produksi Tribun Jabar Arief Permadi menjelaskan tentang cara menulis rilis berita yang baik.

Acara ini diikuti sejumlah pegawai bidang kehumasan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten Sumedang di Aula Tampomas, kompleks Pemerintahan Kabupaten Sumedang di Jalan Prabu Gajah Agung No 9, Kamis (24/10/2019).

"Peran bidang humas itu menjadi penting di era digital. Sebab informasi sudah tak bisa dibendung, mengalir dari banyak celah. Maka, di sana humas bisa menjelaskan fakta yang sebenarnya, sehingga hal yang semula dipersepsi negatif bisa menjadi positif (counter issue)," ujarnya.

Arif Permadi membagikan tips menulis berita atau rilis agar dari informasi atau kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan Pemkab Sumedang.

Atap Tiga Ruang Kelas SDN Cijolang 2 Limbangan Garut Ambruk, Proposal Perbaikan Diajukan 2017 Lalu

Raisa Tewas di Jalur Cianjur-Sukabumi, Masuk ke Kolong Bus Usai Motor yang Ditumpanginya Tersenggol

Agar berita dinilai sebagai informasi yang menarik dan memberikan manfaat yang besar bagi pembaca, maka informasi itu harus jelas dan didukung fata-fakta yang detil.

Dan yang juga penting, informasi tersebut datang dari sumber yang berkompeten dan berwenang.

Dia mencontohkan, isu yang bisa diangkat praktisi kehumasan di antaranya terkait dengan kebancanaan atau musim penghujan yang bisa jadi segera datang.

Isu lain adalah soal keberhasilan-keberhasilan pemerintah. Tujuannya untuk menumbuhkan keberhasilan pemerintah.

"Terkait isu negatif, pemerintah tak perlu panik. Sebab, bisa disikapi, menjadi amunisi membangun citra positif, " ujarnya.

Pembaicara lain di acara itu adalah Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Jabar Herman.

Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengajak kepada semua perserta untuk ikut aktif menyebarluarkan informasi kegiatan atau keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sumedang. (Tribunjabar.id/Kisdiantoro)

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved