Suhu Udara Kabupaten Cirebon Setiap Hari Capai 30 Derajat Celsius, BPBD Ungkap Penyebabnya

BPBD Kabupaten Cirebon, menyebutkan, kondisi di Kabupaten Cirebon masuk dalam status waspada hingga akhir Oktober 2019.

Penulis: Hakim Baihaqi | Editor: Dedy Herdiana
Tribun Jabar/ Seli Andina Miranti
Ilustrasi: Air Waduk Jatigede surut sehingga tanah Desa Cipaku kembali muncul 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Cirebon, menyebutkan, kondisi di Kabupaten Cirebon masuk dalam status waspada hingga akhir Oktober 2019.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra, menuturkan, dalam sepekan terakhir ini, suhu udara di Kabupaten mengalami peningkatan dan setiap harinya berada di angka 30 derajat celcius.

‎"Informasi dari BMKG, suhu udara di Cirebon berada diangka 24 sampai 36 derajat celcius," kata Dadang kepada wartawan di Komplek Perkantoran Pemkab Cirebon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (23/10/2019).

3 Daerah dengan Suhu Tertinggi Saat Cuaca Panas Terjadi di Indonesia, Ada yang Lebih dari 38 Derajat

Komisi II DPRD Kota Cirebon Minta Pemkot Serius Tangani Sampah untuk Genjot Jumlah Wisatawan

Sepekan terakhir ini, kata Dadang, sedang memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke hujan, di mana kecepatan angin mengalami peningkatan.

Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk mewaspadai wabah penyakit akibat masa transisis tersebut dan tetap menjaga kesehatan. "Penyakit yang sering dirasakan, mulai dari ISPA, flu, dan batuk," katanya.

Kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Cirebon, lebih panjang dari tahun sebelumnya, dimulai pada Juli, sedangkan tahun lalu pada Agustus.

‎Selain itu, kata Dadang, pihaknya pun sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya pengiriman air bersih bagi warga di 33 desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Cirebon.

Beberapa desa yang rutin disuplai air bersih, yak‎ni Desa Kreo dan Slangit Kecamatan Klangenan, Desa Gebangilir, Kecamatan Gebang, dan Desa Sedong Kecamatan Sedong.

"Mudah-mudahan November sudah turun hujan dan kebutuhan air bersih bagi masyarakat pun terpenuhi," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved