RSJ Cisarua Kini Punya Kampung Walagri, Bisa Pulihkan ODGJ yang Cenderung Ingin Bunuh Diri

RSJ Cisarua kini punya Kampung Walagri. Bisa memulihkan ODGJ yang cenderung ingin bunuh diri.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2019 di RSJ Provinsi Jawa Barat, Rabu (23/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CISARUA - Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat atau RSJ Cisarua saat ini memiliki Kampung Wahana Layanan ODGJ Mandiri (Kampung Walagri) yang merupakan program dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa berbasis pemulihan bagi penderita gangguan kejiwaan.

Direktur RSJ Provinsi Jawa Barat, dr Elly Marliyani, mengatakan, Kampung Walagri juga diperuntukkan sebagai sarana pemulihan bagi penderita ODGJ gejala psikotik yang memiliki kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.

"Program itu untuk pasien yang mempunyai gejala putus asa, hingga ingin mengakhiri hidupnya. Jadi pada saat seperti itu Kampung Walagri yang akan memulihkan mereka jadi berdaya, produktif kembali, dan percaya diri," ujarnya di sela peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2019 di RSJ Provinsi Jawa Barat, Rabu (23/10/2019).

Dengan adanya program Kampung Walagri ini, kata Elly, pemulihan bagi pasien RSJ dilakukan secara menyeluruh, tujuannya untuk menjadikan mereka produktif sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Hak tersebut, karena sampai saat ini eks penderita ODGJ, kata Elly, masih banyak mengalami kesulitan untuk diterima di lingkungan untuk bekerja, sehingga keberadaan Kampung Walagri sangat besar manfaatnya untuk mewadahi potensi para penderita ODGJ.

"Untuk pemulihan di Kampung Walagri dilakukan mulai dari kegawatdaruratan psikiatri pasca-melakukan pemulihan klinis serta rawat jalan dengan penanganan penurunan simptom atau gejala pada penderita ODGJ," ucapnya.

Hal tersebut dilakukan, karena pasien pada saat masuk itu sebelum dirawat biasanya terganggu masalah fisiknya, seperti ketergantungan rokok, obesitas, atau ada masalah kesehatan karena pola makan yang sering mengonsumsi makanan berlemak.

Di Kampung Walagri ini, pihak RSJ Cisarua menyediakan fasilitas seperti Kafe Walagri, Kebun Walagri, serta masjid sebagai sarana penampung potensi dari para penderita ODGJ.

"Mudah-mudahan kami mempunyai support dana dari pemerintah daerah sehingga para rehabilitan itu bisa kami wadahi," kata Elly.

Pemprov Jabar Minta Masyarakat Lebih Peduli ODGJ dan ODMK

Jumlah Pasien Berpendidikan Tinggi di RSJ Cisarua Meningkat, Pemicunya Masalah Asmara Hingga Skripsi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved