Pesan untuk Jokowi, Rokok Masih Jadi Masalah Besar, Bagaimana Cara Bangun SDM Sehat dan Unggul?

Salah satunya pembangunan Indonesia adalah sumber daya manusia (SDM), lantas bagaimanakah Jokowi menghadapi masalah kesehatan terkait masalah rokok?

Pesan untuk Jokowi, Rokok Masih Jadi Masalah Besar, Bagaimana Cara Bangun SDM Sehat dan Unggul?
Grid.ID/ Asri Sulistyowati
Pesan untuk Jokowi, Rokok Masih Jadi Masalah Besar, Bagaimana Cara Bangun SDM Sehat dan Unggul? 

TRIBUNJABAR.ID - Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menjadi Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024, setelah membacakan sumpah di hadapan MPR.

Ada lima fokus utama yang menjadi perhatian khusus Jokowi untuk pembangunan Indonesia lima tahun kedepan, salah satunya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Namun jika kita berbicara tentang pembangunan SDM, tentunya tidak bisa dilepaskan dari kualitas manusianya yang sehat dan unggul.

Sayangnya sampai saat ini masih banyak masalah kesehatan yang mesti Jokowi selesaikan untuk memperbaiki kualitas kesehatan SDM di Indonesia ini.

HEBOH, Ada Ikan Bertuliskan Kata Ambon dan Maluku di Badannya, Warga Seram Barat Agak Khawatir

Seperti masalah rokok yang masih menjadi masalah besar di Indonesia, meski mengalami penurunan namun angka prevelensi merokok masih dikatakan jauh dari target.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka perokok pada usia 15 tahun ke atas menunjukkan penurunan menjadi 33,8 % setelah sebelumnya 36,3 % pada tahun 2013, padahal target yang dicanangkan pemerintah sebelumnya sebesar 20 %.

Justru, perokok pada usia remaja malah mengalami kenaikan dari 7,2 % menjadi 9,1 %.

Selain itu, masalah rokok di Indonesia juga kembali menjadi masalah baru yang serius setelah kehadiran vape alias rokok elektrik.

Bahkan prevelensi pengguna vape pun dinilai berkembang cukup cepat, dimana Riskesdas tahun 2018 menunujukan angka 2,7 % setelah sebelumnya hanya 2 % pada Sirkesnas 2016.

Menurut American Lung Association, komponen utama rokok elektrik adalah cairan yang terkandung dalam kartrid.

Pakai Baju Putih ke Istana, Bupati Minahasa Selatan Ternyata Tak Diundang Presiden Jokowi

Halaman
12
Editor: Hilda Rubiah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved