Gunung Tangkuban Parahu Dibuka, Pedagang Mulai Persiapan untuk Kembali Berjualan

Gunung Tangkuban Parahu dibuka, pedagang mulai persiapan untuk kembali berjualan.

Gunung Tangkuban Parahu Dibuka, Pedagang Mulai Persiapan untuk Kembali Berjualan
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Wisatawan di Gunung Tangkuban Parahu, Kamis (1/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Sejumlah pedagang yang biasa berjualan di Gunung Tangkuban Parahu sudah mulai melakukan persiapan setelah gunung tersebut dibuka karena statusnya yang asalnya dari Level II (Waspada) diturunkan menjadi Level I (Normal), Senin (21/10/2019).

Isak Jerry (52) pedagang di Gunung Tangkuban Parahu, mengatakan, saat ini mereka sudah mengetahui terkait dibukanya tempat wisata tersebut, sehingga langsung melakukan persiapan untuk berjualan lagi.

"Iya, sudah tahu (dibuka) dan saya sudah melakukan persiapan dengan menyiapkan barang-barang yang akan dijual dan membersihkan kios dari abu vulkanik," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Ia menambahkan, dibukanya Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu ini sudah ditunggu-tunggu sejak dulu karena selama 3 bulan ini para pedagang harus berjualan di tempat yang lain dan penghasilannya menurun.

"Alhamdulillah kalau Gunung Tangkuban Parahu dibuka lagi karena penghasilan pedagang bisa normal seperti biasanya," kata dia.

Berbeda dengan Rukmaya (45) pedagang yang lainnya, untuk berjualan lagi di Gunung Tangkuban Parahu ia akan mulai melakukan persiapan pada Rabu (23/10/2019) karena saat ini ia tengah berjualan di Subang.

"Kalau persiapan paling hanya membersihkan kios saja karena untuk barang masih ada stok yang dulu, saya biasa berjualan baju," katanya.

Direktur PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), Putra Kaban, selaku pengelola Gunung Tangkuban Parahu, memastikan mulai saat ini para pedagang tersebut sudah bisa mulai untuk berjualan.

"Kami selalu memikirkan nasib para pedagang karena selama 3 bulan ini mereka tidak berjualan di sini, akhirnya kami sepakat untuk dibuka lagi agar perekonomian mereka bertambah lagi," ucapnya.

Pengelola Pastikan Tangkuban Parahu Aman, Pedagang Sudah Ada yang Berbenah, Wisatawan Mulai Datang

Gunung Tangkubanparahu Normal, Warga Tetap Diminta Waspada, Erupsi Freatik Bisa Terjadi Tiba-tiba

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved