Dampak Angin Kencang di Pangalengan, Ribuan Rumah Rusak dan Ratusan Pohon Tumbang

Dampak angin kencang di Pangalengan. Ribuan rumah rusak dan ratusan pohon tumbang.

Dampak Angin Kencang di Pangalengan, Ribuan Rumah Rusak dan Ratusan Pohon Tumbang
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Angin kencang menumbangkan ratusan pohon besar dan menerbangkan genteng rumah serta atap rumah milik warga di Kecamatana Pangalengan, Kabupaten Bandung, Minggu (20/10/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, PANGALENGAN - Setidaknya ribuan rumah di 5 desa Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung terdampak angin kencang yang terjadi Minggu (20/10/2019) malam.

Berdasarkan data sementara jumlah pohon tumbang mencapai hampir seratus pohon.

Camat Pangalengan Eef Syarif Hidayatullah di lokasi mengatakan kejadian angin kencang dengan intensitas tinggi dimulai sejak pukul 03.00 dini hari sampai pukul 06.00 pagi tadi.

Sedikitnya ribuan rumah warga di lima desa terdampak angin kencang tersebut.

"Iya meliputi 5 desa, ada di Desa Banjarsari, Margamulya, Sukamanah, Margamukti dan Wanasuka. Yang memasuki kategori cukup berat ada di Desa Banjarsari, Sukamanah, dan Margamukti," sebut Eef Syarif Hidayatullah.

Angin kencang menumbangkan ratusan pohon besar dan menerbangkan genteng rumah serta atap rumah milik warga di Kecamatana Pangalengan, Kabupaten Bandung, Minggu (20/10/2019) malam.
Angin kencang menumbangkan ratusan pohon besar dan menerbangkan genteng rumah serta atap rumah milik warga di Kecamatana Pangalengan, Kabupaten Bandung, Minggu (20/10/2019) malam. (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Sejauh ini pihaknya masih melakukan asesmen dan penghitungan jumlah rumah yang terdampak angin kencang dengan intensitas kerusakan rumah rusak ringan dan rusak sedang.

"Tapi sejauh ini berdasarkan laporan yang ada oleh tim yang melakukan asesmen tidak ada korban jiwa. Dan sampai saat ini angin masih ada tapi dengan intensitas rendah," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga menginventarisir jumlah pohon yang tumbang akibat angin kencang tersebut.

Untuk itu pihaknya berkoordinasi dengan pihak perkebunan selaku pemilik zona wilayah.

"Berapa jumlahnya, jenisnya apa saja, dan di wilayah perkebunan mana saja. Kebanyakan pohon-pohon besar yang usianya sudah cukup (tua), jadi selain angin kencang juga usia pohon yang sudah tua. (Jumlahnya) mendekati ratusan jika dilihat," ujarnya.

Camat mengatakan bencana angin besar ini bukanlah bencana angin puting beliung.

Pasalnya angin kencang ini terjadi sepanjang malam hingga pagi tadi dengan intensiatas rendah hingga tinggi.

"Ini baru pertama kali terjadi di sini sebelumnya belum pernah terjadi. Oleh karena itu kami menghimbau kepada warga untuk tetap waspada, menjauhi titik-titik rawan pohon tumbang mengingat angin kencang ini masih terjadi meski dengan intensitas kecil," ucapnya.

Banyak Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang, Jalur Pangalengan-Kertasari Pun Lumpuh

Angin Kencang Menumbangkan Pohon-pohon Besar dan Menerbangkan Genteng Rumah di Pangalengan

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved