Banyak Pohon Tua, Ratusan Pohon di Obyek Wisata Perhutani Pernah Tumbang Saat Musim Hujan Awal 2018

Banyak pohon tua, ratusan pohon di objek wisata milik Perhutani pernah tumbah saat musim hujan awal 2018.

TRIBUN JABAR/SITI FATIMAH
Hutan pinus di kawasan Wisata Batu Kuda di Bandung Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara menyebutkan, hingga saat ini pohon di 33 obyek wisata yang dikelolanya banyak yang usianya udah tua.

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara, Komarudin, mengatakan, banyaknya pohon berusianya tua, perlu ada pemeliharaan pohon sebelum musim hujan tiba agar tidak banyak yang tumbang.

"Tapi setiap pohon usia biologisnya berbeda-beda, pohon yang paling tua ada yang ratusan tahun. Kalau yang muda paling hanya puluhan tahun," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (20/10/2019).

Banyaknya pohon yang sudah tua itu, kata Komarudin, terbukti ratusan pohon pernah tumbang saat musim hujan pada awal tahun 2018 lalu.

Untuk tahun ini, pihaknya mewaspadai hal tersebut dengan melakukan berbagai upaya antisipasi.

"Kalau pada awal tahun 2019 pohon tumbang itu relatif sedikit, tapi saat musim hujan awal tahun 2018, berdasarkan catatan kami lebih dari 100 pohon yang tumbang," katanya.

Ia mengatakan, sebagai bentuk antisipasi agar tidak banyak pohon tua yang tumbang saat musim hujan nanti, pihaknya akan melakukan identifikasi pohon sebelum musim hujan tiba.

Pihaknya juga mengimbau agar wisatawan lebih memperhatikan kondisi cuaca ketika akan berkunjung ke obyek wisata hutan lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Bandung Utara.

"Kalau mengetahui bakal terjadi hujan deras dan angin kencang lebih baik menunda untuk berkunjung ke obyek wisata alam dan harus selalu mengikuti imbauan dari petugas kami," ujar Komarudin.

Untuk diketahui, ada 33 obyek wisata yang dikelola Perhutani KPH Bandung Utara dengan mayoritas hutan lindung dengan tutupan lahan pohon pinus, seperti Bukit Senyum, Batu Kuda, Curug Luhur Cibodas, Grafika, Cikole Resort, Bukit Senyum, Sendang Geulis Kahuripan, dan Darmaga Bintang.

Perhutani Waspadai Pohon Tumbang di 33 Obyek Wisata Saat Musim Hujan Nanti

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved