Ribuan Orang Calon Kepala Desa dan Panitia Pilkades di Kabupaten Bandung Gelar Deklarasi Damai

Ribuan orang yang terdiri dari calon kepala desa dan para penyelenggara pemilihan kepala desa

Ribuan Orang Calon Kepala Desa dan Panitia Pilkades di Kabupaten Bandung Gelar Deklarasi Damai
tribunjabar/mumu mujahidin
Bupati Bandung Dadang M Naser memimpin deklarasi damai Pilkades Serentak 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Ribuan orang yang terdiri dari calon kepala desa dan para penyelenggara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 199 desa di Kabupaten Bandung menggelar deklarasi damai, Kamis (17/10/2019).

Bupati menuturkan kegiatan Deklarasi Damai dan Rembug Desa dalam rangka Silaturahmi penyelenggara Pemilihan Kepala Desa dan Calon Kepala Desa tingkat Kabupaten Bandung bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Bandung menjelang tahapan pilkades.

"Setidaknya, sebanyak 199 Desa di Kabupaten Bandung akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan digelar pada tanggal 26 Oktober 2019 nanti," ujarnya.

Deklarasi atau ikrar damai dibacakan oleh salah satu perwakilan calon kepala desa Dada Syahruli. Ada beberapa poin penting dalam deklarasi damai tersebut yang salah satunya siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Sehingga calon kepala desa tidak melakukan segala macam bentuk hoax, intimidasi, provokasi serta penghinaan antarcalon kepala desa," ujarnya.

Roberts Alberts Kini Bilang Tak Penting Main di Mana, Main di Bali Pun Bobotoh Persib Datang

Tidak hanya itu, para calon kepala desa pun ditutut harus dapat menjaga stabilitas dan dinamika penyelenggaraan Pilkades yang kondusif, sehingga terwujud Demokrasi yang bermartabat. Tunduk dan patuh terhadap segala ketentuan dan tahapan Pilkades yang telah ditentukan, menerima hasil Pilkades Serentak.

"Dan menghindari terjadinya tindakan anarkis dengan tetap menghormati upaya-upaya hukum sesuai ketentuan yang berlaku sehingga menciptakan Kabupaten Bandung aman dan damai dan pelaksanaan pilkades sukses tanpa ekses," tuturnya.

Sementara Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan menuturkan pada tiga hari pelaksanaan tahapan kampanye Polres Bandung menerjunkan 975 personil Polri dan 400 personel TNI dan ditambah dari Linmas dari masing masing desa.

"Kemudian untuk tahapan pungut dan hitung suara setidaknya sekitar 2.000 personel akan kita libatkan pada H-1, hari H yang jatuh pada tanggal 26 Oktober 2019 serta pada H+1," tuturnya.

Skenario Kapolri Tito Karnavian Sikat Kelompok yang Nekat Gagalkan Pelantikan Presiden Jokowi

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved