VIDEO Tengkorak di Indramayu Akhirnya Diekskavasi, Balar Jabar Sebut Ini Perempuan Ras Mongoloid

Penemuan tengkorak di Kabupaten Indramayu akhirnya diekskavasi oleh Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat

Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID,  INDRAMAYU - Penemuan tengkorak di Kabupaten Indramayu akhirnya diekskavasi oleh Balai Arkeologi (Balar) Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).

Sebelumnya tengkorak itu ditemukan oleh seorang pekerja bangunan di lahan bekas bekas warnet yang hendak dijadikan tempat pencucian mobil milik H Mustofid di Kelurahan Lemahabang, Kecamatan/Kabupaten Indramayu pada Kamis (3/10/2019) lalu.

Peneliti Utama Balar Jawa Barat, Dr. Lutfi Yondri mengatakan, setelah melakukan ekskavasi awal diperkirakan tengkorak ini berjenis kelamin perempuan.

"Sekilas kita bisa perkiraan bahwa ini adalah milik seorang perempuan dilihat dari rahang bawahnya yang berbentuk huruf v," ujar dia kepada tribuncirebon.com.

Selain itu, dirinya memperkirakan dari susunan gigi tengkorak yang memiliki graham belakang, pemilik tengkorak ini diketahui adalah manusia dewasa dengan rentang usia 25-35 tahun saat meninggal.

Tiba di Bali, Persib Bandung Langsung Latihan, Ini Program Pelatih Agar Tak Jenuh

Diperkirakan, ia dahulu hidup di abad ke-16 karena dilihat dari kedalaman ditemukannya tengkorak, yaitu pada kedalaman 2,8 meter.l di atas tanah.

Sedangkan jika dilihat dari ukuran tengkoraknya, tengkorak ini adalah manusia dari benua asia atau ras mongoloid.

Dijelaskan Dr. Lutfi Yondri, manusia asia atau ras mongoloid memiliki ukuran tengkorak satu banding satu.

"Mongoloid itu bukan berarti orang mongol ya, tapi kita pun juga sama termasuk ras mongoloid," ujar dia.

Sementara itu, disampaikan Dr. Lutfi Yondri tengkorak itu sementara waktu akan dibawa ke Bandung untuk kepentingan penelitian lebih lanjut.

Caption: Balar Jawa Barat saat melakukan ekskavasi temuan tengkorak di lahan bekas bekas warnet yang hendak dijadikan tempat pencucian mobil milik H. Mustofid di Kelurahan Lemahabang, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Rabu (16/10/2019).

Usai Rumah Digeledah Densus 88 Antiteror, Ibu Terduga Teroris di Bandung Menangis Sesegukan

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Temuan Tengkorak di Indramayu Akhirnya Diekskavasi, Balar Jabar Sebut Ini Perempuan Ras Mongoloid, https://jabar.tribunnews.com/2019/10/16/temuan-tengkorak-di-indramayu-akhirnya-diekskavasi-balar-jabar-sebut-ini-perempuan-ras-mongoloid.

Editor: Ichsan
Video Production: Wahyudi Utomo

Editor: yudix
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved