Kunjungi Pangalengan, Belasan Investor asal Singapura Tertarik pada Kopi Jabar

Sejumlah investor asal Singapura mengunjungi kebun dan tempat pengolahan kopi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/2019).

Kunjungi Pangalengan, Belasan Investor asal Singapura Tertarik pada Kopi Jabar
Istimewa
Sejumlah investor asal Singapura mengunjungi kebun dan tempat pengolahan kopi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Sejumlah investor asal Singapura mengunjungi kebun dan tempat pengolahan kopi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/2019).

Kunjungan para investor asal Singapura itu merupakan bagian dari rangkaian West Java Investment Summit (WJIS) 2019.

President Singapore Coffee Association, Victor Mah, mengatakan bersama 12 investor lainnya melihat langsung proses pengolahan kopi mulai dari penanaman di kebun, panen, penjemuran, pencucian, penggilingan, hingga mencicipi seduhan kopi (cupping).

"Para investor dari Singapura ini merupakan pemilik cafe serta trader kopi. Setelah melihat secara langsung, kami sangat tertarik," ujarnya melalui rilis, Kamis (17/10/2019).

Victor mengatakan sudah berkeliling Indonesia hanya untuk mencicipi beragam rasa kopi khas nusantara. Namun baru kali ini merasakan kopi Jabar dan melihat proses pengolahannya secara langsung.

Menurut Victor, kopi yang ditanam di Jabar memiliki keunggulan karena proses pengolahannya masih tradisional. Selain itu, metode perawatan tanaman kopinya juga masuk kategori ramah lingkungan.

Kompetisi Kopi Specialty Indonesia Kembali Digelar, Peserta Hadirkan 570 Sampel Kopi

Ini Hambatan Pengusaha Kopi di Sumedang Kembangkan Bisnis

"Tanaman kopi Jabar menggunakan pupuk organik sehingga lebih ramah lingkungan. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri dan sesuai dengan isu global," katanya.

Lebih lanjut dia mengaku akan melakukan penandatanganan MoU dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai tanda kerja sama yang lebih konkrit untuk mengembangkan kopi Jabar.

Melalui kerja sama tersebut, pihaknya akan membawa lebih banyak investor kopi ke Jabar.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved