Ratusan Anak Kecanduan Ponsel, Ini Saran Atalia Kamil bagi Para Orang Tua

RSJ Provinsi Jawa Barat telah menangani ratusan pasien yang kecanduan bermain ponsel,

Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Kamil. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Kamil menyarankan agar orangtua tidak membiarkan anaknya bermain ponsel secara berlebihan.

Hal tersebut dilakukan agar anak-anak tidak sampai kecanduan seperti ratusan anak yang sudah mendapat perawatan di Rumah Sakit Jiwa alias RSJ Provinsi Jawa Barat.

Seperti diketahui, sejak tahun 2016, RSJ Provinsi Jawa Barat telah menangani ratusan pasien yang kecanduan bermain ponsel, baik itu bermain game, browsing internet dan bermain aplikasi yang lainnya.

Bahkan sebagian pasien di RSJ Provinsi Jawa Barat tersebut ada yang harus dirawat inap.

"Gadget ini sebetulnya untuk anak bisa menjadi hal positif dan negatif, sehingga orangtua harus mempertimbangkan terkait usia anak dan kebutuhannya," ujar Atalia Kamil saat ditemui di Kompleks Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (16/10/2019).

Waspada! Ada Ratusan Anak di Jabar Kecanduan Game Online di HP, Jadi Pasien RSJ, Sampai Rawat Inap

Cara Ampuh Atasi Kecanduan HP, Jangan Sampai Seperti Ratusan Anak di Jabar yang Dirawat di RSJ

Selama ini, pihaknya juga sudah merasa khawatir terhadap orangtua yang memiliki kesibukan tapi membiarkan anaknya bermain ponsel hingga waktu untuk berinteraksi dengan keluarga sangat berkurang.

"Biasanya orangtua dengan segala kesibukannya, membiarkan anak supaya anteng diberilah gadget dan hal itu sudah menjadi kebiasaan," katanya.

Ia mengatakan, dengan adanya kasus anak kecanduan ponsel itu, harus menjadi perhatian dan harus disikapi bersama, khususnya orang tua harus memberikan pembatasan terhadap anaknya ketika bermain ponsel.

"Jadi saya sangat mendukung dengan sekolah-sekolah yang sudah menerapkan program terkait pembatasan ponsel yang dibawa anak-anak ke sekolah," ucap istri Gubernur Jabar, Ridwan Kamil ini.

Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Kamil

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved