Ini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Bandung Jika Unjuk Rasa Terjadi Besok

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan pihaknya akan memberlakukan penutupan jalan yang sifatnya kondisional.

Ini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Bandung Jika Unjuk Rasa Terjadi Besok
Tribun Jabar/Haryanto
Massa aksi membakar ban di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (27/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Besok, Kamis (17/10/2019), akan ada unjuk rasa di Jalan Diponegoro Bandung, tepatnya di sekitar Gedung Sate dan Gedung DPRD Jabar.

Jika unjuk rasa itu terjadi, kemungkinan akan mengakibatkan kemacetan dan penutupan beberapa ruas jalan, terutama di Jalan Diponegoro.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan pihaknya akan memberlakukan penutupan jalan yang sifatnya kondisional.

"Akan ada penutupan jalan tapi sifatnya kondisional. Kendaraan yang datang dari arah Pusdai menuju Gedung Sate, akan dialihkan ke Jalan Sentot Alibasyah. Sementara, kendaraan yang datang dari arah Jalan Ir H Djuanda menuju Gedung Sate, akan dialihkan ke Jalan Cimalaya, Jalan Cimanuk," kata Bayu saat dihubungi Tribun Jabar.

Ia berharap massa pengunjuk rasa tidak sampai menutup jalan, sehingga aktivitas masyarakat lainnya tidak terganggu.

Tanggapan Kabid Humas Polda Jabar Soal Unjuk Rasa yang Akan Digelar Besok

Kapolda Jabar Tuding Kelompok Anarko Jadi Biang Kericuhan Aksi Unjuk Rasa di Bandung

Kompol Bayu mengatakan, polisi juga kemungkinan menutup Jalan Surapati dan Jalan Supratman untuk mengantisipasi terulangnya unjuk rasa ricuh seperti pada 30 September lalu.

Menurutnya, jika pengunjuk rasa bertindak melanggar hukum (rusuh), polisi harus menutup beberapa jalan.

"Ini demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan masyarakat lainnya. Jika terjadi kericuhan yang menyebabkan polisi harus membubarkan massa, otomatis kami melindungi masyarakat lainnya agar tak terkena dampak kericuhan. Namun, harapannya besok aksi bisa berjalan damai," katanya.

Kasatlantas Polrestabes Bandung mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung, agar bersabar jika ada penutupan jalan khususnya di Jl Diponegoro.

Soal waktu penutupan jalan itu belum bisa dipastikan karena tergantun kondisi. Sesuai aturan, kata Kompol Bayu, unjuk rasa atau demonstrasi dibatasi hingga pukul 18.00 WIB.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved