Deklarasi Damai Pemilihan Kuwu Serentak Kabupaten Cirebon, Bupati Cirebon Berpesan Ini

Ratusan calon kuwu atau kepala desa di Kabupaten Cirebon, menggelar deklarasi damai menjelang pemilihan kuwu (pilwu) serentak yang akan dilaksanakan p

Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Deklarasi damai Pemilihan Kuwu Serentak Kabupaten Cirebon 2019 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Ratusan calon kuwu atau kepala desa di Kabupaten Cirebon, menggelar deklarasi damai menjelang pemilihan kuwu (pilwu) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober mendatang.

Deklarasi yang dilaksanakan di Conventional Hall Universitas Muhamadiyah Cirebon (UMC), Jalan Fatahillah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (16/10/2019).

Isi dalam deklarasi damai tersebut, yakni yang pertama, menyatakan bahwa Pilwu serentak di Kabupaten Cirebon 2019 harus dijalani dengan rasa tanggung jawab‎, menghormati peraturan undang-undang berlaku.

Kedua, masyarakat Kabupaten Cirebon, harus menjaga suasana yang aman, damai, serta kondusif, demi terpeliharanya persatuan dan kesatuan.

Atasi DBD di Tanah Air, SITH ITB bersama NCHU dan CDC Kembangkan Hasil Penelitian

Ketiga, pelaksanaan Pilwu serentak harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Semua peserta siap menerima hasilnya, baik kalau atau pun menang.

Empat, siap menyelesaikan perbedaan pendapat melalui musyawarah atau hukum yang berlaku dan tidak menggunakan kekuatan massa.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan bahwa Pemilihan Kuwu serentak 2019 dianggap lebih ramai dibandingkan pemilihan sebelumnya, sehingga pihaknya meminta masyarakat menjaga kondusivitas.

‎"Masyarakat harus menghindari hoaks jelang pilwu, kemudian harus bersainga secara sehat dan siap menang atau kalah," kata Imron di conventional UMC.

Empat ASN Disnakan Garut Jadi Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan Sapi Perah

Berkaca dengan pilkada serentak tahun lalu, kata Imron, pada saat itu ia bersaing dengan beberapa rekannya untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.

Setelah Pilkada, kata Imron, semua paslon kembali seperti biasa, tak menciptakan konflik yang melibatkan banyak orang.

"Saya pun waktu itu bersaing dengan ketua DPRD, tetapi sekarang kan sudah berteman dengan baik, makan bakso juga bareng. Beda pilihan itu biasa," katanya.

Polres Cirebon Kota Telah Menyiapkan Skema Pengamanan Pilwu Serentak

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved