Kompetisi Kopi Specialty Indonesia Kembali Digelar, Peserta Hadirkan 570 Sampel Kopi

Sebanyak 570 sampel kopi dari seluruh Indonesia masuk dalam Kompetisi Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-11 yang digelar oleh Dinas Pertanian (Distan)

Kompetisi Kopi Specialty Indonesia Kembali Digelar, Peserta Hadirkan 570 Sampel Kopi
Pixabay.com
Minuman kopi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Sebanyak 570 sampel kopi dari seluruh Indonesia masuk dalam Kompetisi Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-11 yang digelar oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung.

Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya diikuti oleh sekitar 300 peserta.

Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran menuturkan sampel kopi yang diperlombakan tersebut ditampung di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember Jawa Timur untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri.

"Sekarang sudah keluar 15 besar untuk masing-masing kategori. Ada dua kategori utama yaitu specialty kopi arabika dan robusta. Di kopi arabika ada dua jenis yang dipetlombakan yaitu fullwash dan natural," ujarnya di Soreang, Selasa (15/10/2019).

Serunya Belajar Latte Art, Siswa SMAK Trimulia Dikenalkan dengan Industri Kopi

Tisna menuturkan tahun ini Kabupaten Bandung dipercaya menjadi tuan rumah KKSI karena pada kompetisi sebelumnya yang digelar di Yogyakarta, Kabupaten Bandung, menjadi juara umum khusus specialty kopi arabika natural.

KKSI ke-11 ini akan digelar di Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/2019).

"Acaranya ada jelajah kopi di Pangalengan, bagaimana kebun kopi dan proses produksi kopi luwak. Dilanjutkan dengan gala dinner di rumah dinas bupati, terus Asia Coffee Symposium, bazar berbagai macam kopi dan lain sebagainya," ungkapnya.

Tisna menuturkan KKSI ini digelar atas kerjasama Distan Kabupaten Bandung, Puslitkoka, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), dan Disparbud Kabupaten Bandung.

Distan Kabupaten Bandung berharap lomba ini semakin menguatkan Kabupaten Bandung sebagai leader dalam bidang specialty coffee di Indonesia.

Yuk Kembangkan Kualitas Kopi Bisnis Anda dengan Hadir Di Acara Kontes Kopi Specialty Indonesia

"Ini terbukti tahun lalu kami juara umum untuk kopi natural. Tahun ini alhamdulillah sudah ada lima kopi Kabupaten Bandung yang masuk ke 15 besar baik yang natural maupun yang fullwash," tuturnya.

Selain itu kompetisi ini diharapkan dapat mendorong para petani kopi di Kabupaten Bandung untuk lebih percaya diri.

Saling berbagi ilmu dari para ahli dan petani kopi di seluruh Indonesia yang hadir dalam KKSI ini.

"Tahun ini kami berharap tidak saja juara di kopi natural saja seperti tahun lalu, tapi juga di kelas fullwash, juga bisa juara," pungkasnya

Kokelat, Manisnya Cokelat Dipadu Kriuknya Biji Kopi Hasil Roasting

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved