Bebegig, Ramaikan Kirab Budaya Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung

Salah satu kesenian khas Talaga yang dinamai Bebegig ikut meramaikan kirab budaya Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung, Senin (14/10/2019).

Bebegig, Ramaikan Kirab Budaya Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung
Tribun Jabar/Eki Yulianto
Wujud Bebegig asal Desa Talaga Kulon, dalam acara Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung, Kabupaten Majalengka, Senin (14/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Salah satu kesenian khas Talaga yang dinamai Bebegig ikut meramaikan kirab budaya Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung, Senin (14/10/2019).

Kegiatan yang diawali dengan arak-arakan itu, Bebegig dari Desa Talaga Kulon berhasil menyita perhatian masyarakat yang menyaksikan.

Selain wujudnya yang dinilai seram, sesekali Bebegig tersebut menakut-nakuti masyarakat.

Dudi, salah seorang pembawa kostum Bebegig mengatakan setiap tahunnya ia bersama warga Desa Talaga Kulon selalu menampilkan kostum Bebegig tersebut.

Ritual Nyiramkeun di Majalengka, Tradisi Ratusan Tahun Kerajaan Talaga Manggung

Dijelaskan dia, Bebegig yaitu keseninan tari-tarian yang menggunakan topeng kepala singa seperti topeng barong dari Jawa atau Bali.

"Bebegig ini mengenakan rambut susunan dedaunan hasil dari Desa Talaga Kulon dan bajunya dari serat kelapa yang disusun menjadi sebuah kostum," ujar Dudi saat ditemui di Tribun Cirebon.com, Senin (14/10/2019).

Lanjut Dudi, kesenian ini selalu hadir dalam setiap acara peresmian atau kesenian di Majalengka khususnya di wikayah Talaga.

Konon, dihadirkannya Bebegig tersebut untuk menangkal atau mengusir roh-roh jahat.

"Semoga dalam acara Kirab Budaya Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung ini, tetap melestarikan budaya-budaya leluhur kita khususnya di Talaga," ucap dia.

Besar, Unik, dan Menyeramkan, Begini Cerita Bebegig Beladdewa dari Sejarah Hingga Tampil di Festival

Sebelum ke acara inti yakni Nyiramkeun Pusaka Talaga, kegiatan diawali dengan kitab benda-benda pusaka peninggalan kerajaan.

Kirab ini juga menampilkan seorang putri keturunan dari keluarga Kerajaan Talaga Manggung.

Dibantu dengan penampilan dari seluruh desa di Kecamatan Talaga, acara Nyiramkeun Pusaka Talaga Manggung berlangsung meriah.

Susunan Kabinet Diakui Jokowi Sudah Rampung, KPK Tidak Dilibatkan untuk Mengetahui Rekam Jejak

Gerindra Siap Jadi Oposisi maupun Gabung Koalisi Jokowi

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved